Ratusan personel siap amankan TDS di Tanah Datar

id Tds, pengamanan

Apel gelar pasukan kesiapan pengamanan Tour de Singkarak di Kabupaten Tanah Datar. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak lebih kurang 400 personel gabungan siap mengamankan pelaksanaan even Tour de Singkarak (TdS) 2018 yang akan melewati daerah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Wakapolres Tanah Datar, Kompol Mayarudin di Batusangkar, Sabtu mengatakan TdS yang sudah menjadi agenda tahunan oleh Pemprov Sumbar perlu mendapat pengamanan guna keamanan dan kenyamanan pembalap nantinya.

"Pelaksanaan Tour de Singkarak 2018 harus disikapi dengan matang guna mengantisipasi timbulnya gangguan keamanan yang dapat menghambat jalannya kegiatan," katanya.

Ia menyebutkan, untuk pengamanan kegiatan tersebut maka telah disiapkan personel gabungan yang berasal dari beberapa pihak dan instansi terkait.

Beberapa personel gabungan tersebut diantaranya berasal dari pihak kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta Dinas Kesehatan.

Kepada para personel yang akan bertugas ia memesankan untuk lebih mengenali wilayah tugas dan senantiasa bersikap tegas dan humanis.

Selain itu ia juga meminta seluruh personel untuk saling menjaga koordinasi dan kerjasama dengan unsur aparat lain yang terkait dengan penyelenggaraan pengamanan TdS 2018 tersebut.

Daerah Kabupaten Tanah Datar sendiri akan dilalui oleh sebanyak 4 stage selama pelaksanaan TdS 2018 yang digelar pada tanggal 3 hingga 11 November dan salah satunya akan finish di Istano Basa Pagaruyuang.

Sebelumnya Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tanah Datar, Edi Susanto mengatakan dari keempat stage tersebut, salah satunya akan finish di Istano Basa Pagaruyuang.

Keempat stage yang akan melewati Tanah Datar adalah stage 1 yang akan digelar pada hari Minggu 4 November yang akan menempuh jalur dari Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Sijunjung.

Selanjutnya pada stage 3 hari Selasa 6 November akan menempuh jalur dari Kabupaten Solok menuju Tanah Datar. Padastage 6 akan menempuh jalur dari Kota Solok menuju Payakumbuh dan terakhir stage 7 yang akan menempuh jalur dari Kota Padang Panjang menuju Kabupaten Solok Selatan.

Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut memeriahkan kegiatan tersebut, terutama ketika melewati beberapa daerah yang ada di Tanah Datar.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar