Polres Agam Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan TdS

id TdS, Pengamanan, Agam

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat siap menurunkan kekuatan penuh untuk mengamankan pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) saat melalui daerah itu pada Sabtu (9/8) .

"Kami akan menurunkan kekuatan penuh dengan jumlah personel sebanyak 300 orang," kata Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono saat silaturahim dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Agam di Lubuk Basung, Senin.

Ia mengatakan, 300 personel ini akan mengamankan 258 titik persimpangan, pasar tumpah, lokasi finis di Lawang Park dan lainnya.

"Setiap persimpangan akan kami tempatkaan maksimal satu personel," tegasnya.

Pengamanan ini, tambahnya, juga dibantu oleh anggota Kodim 0304 Agam, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatikan.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan intansi terkait tersebut," katanya.

Kekuatan penuh ini dilakukan mengingat event ini berstandar internasional dan pihaknya tidak menginginkan terjadinya kasus kecelakaan antara pembalap dengan penonton dan pengendara.

"Kami tidak menginginkan ada kasus kecelakaan nantinya yang akan merusak nama daerah," katanya.

Ia mengakui, menjelang pelaksanaan TdS pada etape empat dari Padang Panjang menuju Lawang Parke Kabupaten Agam pada Sabtu (9/8), masih ada sekitar puluhan titik jalan yang rusak dari Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara sampai ke Lawang Parke Kecamatan Matur.

Ini berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan beberapa minggu lalu.

"Hasil ini telah kita sampaikan kepada Pemkab Agam dan berharap segera diperbaiki," katanya. (*)