Pemkab-Polres Dharmasraya Gladi Bersih Pengamanan TdS

id TdS, Pengamanan, Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya, Sumatera Barat bersama pemerintah setempat menggelar apel pasukan pengamanan Tour de Singkarak (TdS), dan dilanjutkan dengan gladi bersih, Rabu.

"Ini untuk memantapkan persiapan seluruh pihak terkait, serta penegasan tugas dan tanggungjawab masing-masing personel dalam menyambut ajang tahunan tersebut," kata Bupati Dharmasraya Sutan Riska di Pulau Punjung, Rabu.

Ia berharap dengan adanya gelar pasukan dan gladi bersih ini dapat mengatasi adanya gangguan keamanan yang timbul pada saat balapan berlangsung.

Menurutnya pengaman jalur yang dilalui pebalap sepanjang 62,3 kilometer harus maksimal, karena sepanjang jalur tersebut terdapat pemukiman masyarakat dan adanya pasar tumpah.

"Sehingga keberhasilan pengaman TdS dibutuhkan kerja sama semua pihak mulai dari Pemkab, Polri, TNI, Satpol PP, perhubungan, RAPI, Senkom, Pemadam Kebakaran, Saka Bhayangkara, FKPPI, Pramuka, dan segenap lapisan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya ajang balap sepeda yang diadakan setiap tahun tersebut merupakan kesempatan untuk mengenalkan Dharmasraya ke pihak luar.

"Oleh sebab itu mari berikan kesan baik untuk para tamu dan pebalap saat finis. Jika penyambutan baik mereka akan selalu mengingat hal itu," katanya.

Sementara itu, Kapolres Dharmasraya AKBP Lalu Muhamad Iwan Mahardan mengatakan, apel gelar pasukan bertujuan untuk melihat kesiapan personel dalam pengamanan TdS nantinya.

Setelah melaksanakan apel gabungan, Pemkab Dharmasraya bersama Polres melakukan gladi bersih untuk persiapan finis pada Jumat (10/8), dimulai perbataan Sijungjung-Dharmasraya sampai lokasi Finis di Sport Center.

Sebanyak 645 personel gabungan mengikuti gladi bersih yang dimulai dari perbatasan Sijunjung menggunakan sepeda motor,dan mobil patroli menuju Sport Center.

Pihaknya menginformasikan jalan Lintas Sumatera dari perbatasan Kabupaten Sijunjung-Dharmasraya hingga Simpang Empat Koto Baru, akan diberlakukan penutupan mulai pukul 09.00 WIB. (*)