320 tenaga pangajar PAUD di Sijunjung dibekali untuk profesional

id PAUD

320 tenaga pangajar PAUD di Sijunjung dibekali untuk profesional

Workshop guru PAUD di Sijunjung (Ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 320 tenaga pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Sijunjung mengikuti workshop, guna meningkatkan profesional guru.

"Kegiatan ini dalam rangka peningkatan profesionalisme dan mutu layanan anak usia dini sesuai tahapan perkembangannya", Kata Ketua PKG, Meida Susanti saat laporannya di Gedung Pancasila Muaro.

Dikatakan lagi, peserta Pusat Kegiatan Gugus (PKG) berasal dari tenaga pendidik PAUD dari delapan Kecamatan, meliputi Sijunjung, Lubuk Tarok, Tanjung Gadang, Kamang Baru, Kupitan, IV Nagari, Koto VII dan Sumpur Kudus, dan masing-masing Kecamatan mengirimkan 40 orang guru.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler menyampaikan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pembangunan pendidik harus dimulai sejak usia dini.

“Sebab pada masa inilah potensi anak akan berkembang secara baik yang disebut dengan masa emas atau Golden Age pada akhirnya akan berdampak terhadap pendidikan selanjutnya”, terangnya.

Gugus pendidikan anak usia dini merupakan wadah strategi yang dibentuk oleh pendidik dan pengelola PAUD yang dioptimalkan untuk memperdayakan dan peningkatan kemapuan, sehingga memberikan layanan PAUD yang lebih optimal.

“Untuk itu, selalu jalin kemitraan dengan lingkungan dan berbagai komponen yang ada dimasyarakat untuk meningkatkan sensitivitas gugus terhadap potensi dan kebutuhan sekitar," ujarnya.

Nantinya, diharapkan akan melahirkan Insan Indonesia Harapan yaitu sehat, cerdas dan berkarakter khususnya di Kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih, tambahnya, jelasnya.