UNP jadi tuan rumah kontes mobil hemat energi nasional

id UNP,Kontes Mobil Hemat Energi

UNP jadi tuan rumah kontes mobil hemat energi nasional

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat Prof Ganefri (Antara)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) terpilih sebagai tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KHME) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri di Padang, Kamis mengatakan ditunjuknya UNP sebagai universitas penyelenggara membuktikan perguruan tinggi peduli dengan penanggulangan krisis energi yang mulai melanda dunia.

Ia mengatakan KMHE merupakan perlombaan mobil hemat energi tingkat nasional yang diikuti mahasiswa dari seluruh universitas, institut, politeknik yang telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh panitia.

Kegiatan ini digelar pada 27 November hingga 1 Desember 2018 yang dipusatkan di Kampus UNP di jalan Air Tawar Kota Padang, Sumatera Barat.

"Diperkirakan akan ada ratusan mahasiswa pegiat mobil hemat energi yang mengikuti kegiatan ini," ujar Ganefri.

Sementara Ketua Pelaksana KHME 2018 Prof Ardipal mengatakan kategori yang diperlombakan ada dua yakni "prototype" dan kategori "urban concept".

"Setiap kategori terdiri dari empat kelas yakni kelas bensin, diesel, etanol dan listrik," katanya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan wadah bagi mahasiswa teknik seluruh Indonesia mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku kuliah serta meningkatkan kreatifitas, disiplin, serta kemampuan soft skill dan hard skill.

Selain itu kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi bagi permasalahan energi nasional yang terjadi saat ini.

"Solusi yang dimaksud tentu akan memberikan efek positif dalam pengembangan kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan," katanya. (*)