UNP jadi penyelenggara kontes mobil hemat energi 2018

id Ardipal

UNP jadi penyelenggara kontes mobil hemat energi 2018

Wakil Rektor UNP Ardipal (dua dari kiri), saat memberikan keterangan pers terkait Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018, di Padang, Jumat (23/11). (ANTARASumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, menjadi penyelenggara Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang merupakan even tahunan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, untuk melombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi.

"Dari segala proses dan persiapan yang sudah dilakukan akhirnya UNP dipilih sebagai penyelenggara even, ini tentu sebuah kehormatan bagi UNP dan ajang menunjukkan prestasi," kata Wakil Rektor UNP Ardipal, saat memberikan keterangan pers di Padang, Jumat.

Kontes yang akan diselenggarakan pada 27 November-2 Desember 2018 tersebut diikuti oleh 74 tim finalis, yang berasal dari 48 perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Pelaksanaan kontes yang mengusung tema "UNP Green Breath 2018" digelar dalam lingkungan kampus UNP di Jalan Profesor Doktor Hamka, Padang.

"Selama kontes berlangsung kuliah tetap berjalan seperti biasa, hanya saja akan dilakukan beberapa pengalihan jalan dalam lingkungan kampus," katanya.

Dalam perjalanannya pada 2017 KMHE diselenggarakan oleh ITS Surabaya, sementara pada 2016 diselenggarakan oleh UGM Yogyakarta.

Sementara Wakil Ketua Pelaksana Kegiatan Rifdarmon, memaparkan kategori dalam KMHE 2018 adalah kelas Protype dan Urban Concept dengan empat jenis bahan bakar, yaitu motor pembakaran dalam (PD), gasoline, MPD ethanol, MPD diesel, dan motor listrik.

KMHE 2018 bertujuan memberikan solusi untuk perkembangan teknologi di masa depan.

Kemudian sebagai wadah kreativitas mahasiswa dalam merancang, membangun, menguji, dan mengompetisikan mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan.

Serta mengharumkan nama Indonesia di bidang kontes mobil hemat energi di tingkat internasional.

UNP memastikan pihaknya akan menyelenggarakan even bergengsi itu secara maksimal dan profesional bersama Kemenristekdikti.

Setidaknya pihak UNP menyiapkan 250 orang untuk memastikan kelancaran kontes. Sedangkan untuk penentuan regulasi dan aturan kontes dibuat oleh tim ahli.

Selain jadi penyelenggara, UNP juga mengambil bagian sebagai peserta dengan mengikutkan dua unit mobil hemat nergi karya mahasiswanya.

"Ada tiga universitas di Padang yang mengikuti KMHE 2018, pertama UNP, kedua Unand, lalu Universitas Dharma Andalas," katanya. (*)