Inilah pemicu terbakarnya SPBU Sawahan Padang

id SPBU terbakar,Kebakaran spbu sawahan

Inilah pemicu terbakarnya SPBU Sawahan Padang

Petugas ketika melakukan pemadaman api di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sawahan Kota Padang yang terbakar Jumat sekitar pukul 14.45 WIB. (cc)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 14.251.519 yang berlokasi di Kota Padang terbakar dipicu oleh mobil mengisi bahan bakar minyak (BBM) menggunakan jeriken pada Jumat sekitar pukul 14.45 WIB.

Kebakaran di jalan Haji Agus Salim Kota Padang, Sumatera Barat separoh dari bangunan SPBU terbakar dan menghanguskan dua unit pompa. Kebakaran memicu asap tebal yang memenuhi udar di sekitar lokasi kejadian di Padang, Jumat.

Selain menghanguskan beberapa tempat pengisian bahan bakar, api juga menghanguskan satu unit mobil. Mobil tersebut memiliki tangki pengisian bahan bakar yang imodifikasi oleh pemiliknya.

Salah seorang warga Noviarida (60) mengatakan dirinya melihat api tiba-tiba membesar di salah satu tempat pengisian bahan bakar kemudian menjalar di sekitar SPBU. Petugas terlihat berupaya untuk memadamkan api namun tidak mampu memadamkan api.

"Api membesar begitu cepat dan menjalar. Saya tidak mendengar ledakan tapi yang jelas api langsung membesar," kata dia.

Sementara operator SPBU Yudi mengaku percikan api tiba-tiba muncul ketika mobil angkutan kota mengisi minyak dan api langsung membesar.

"Api timbul langsung ketika mobil mini mengisi bahan bakar minyak," kata dia.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Hendrizal Azhar mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ia mengatakan api bersumber dari selang pengisian bahan bakar yang dimasukkan ke dalam jeriken sehingga menimbulkan korsleting dan percikan api.

"Kita mencampurkan air dengan detergen agar api tersebut lebih cepat dipadamkan," katanya.

Dalam memadamkan api dirinya mengakui anggotanya melalui tantangan karena ada 18 jeriken dan satu tangki mobil terisi bahan bakar minyak dalam kondisi terbakar.

"Kita keluarkan satu-satu jerikennya dan dibawa ke tempat yang aman dan dipadamkan," kata dia. (*)

Baca juga: Menanti tindakan pertamina terhadap SPBU yang melayani pengisian BBM jerigen

Baca juga: Flash - SPBU Sawahan Padang terbakar

Baca juga: Gubernur: penjualan premium di Sumbar tidak tepat sasaran, sejumlah SPBU dalam pembinaan