Menanti tindakan pertamina terhadap SPBU yang melayani pengisian BBM jerigen

id Pertamina,Kebakaran SPBU padang,Kebakaran spbu

Menanti tindakan pertamina terhadap SPBU yang melayani pengisian BBM jerigen

Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Sawahan Kota Padang, Sumatera Barat terbakar pada Jumat (21/9) siang. (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Pertamina menyatakan akan menindak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang melayani pengisian bahan bakar menggunakan jerigen karena hal tersebut melanggar aturan.

"Sesuai dengan Perpres nomor 191 tahun 2014 disebutkan bagi pihak yang ingin membeli bahan bakar menggunakan jerigen harus disertai surat rekomendasi dari pihak terkait, jika tidak dilengkapi surat itu tidak dipebolehkan," kata Sales Represntatif Wilayah 8 Pertamina MOR I Warih Wibowo di Padang, Jumat,

Terkait dengan kebakaran yang terjadi di SPBU di jalan Sawahan Kota Padang yang dipicu karena masih melakukan pengisian bahan bakar melalui jerigen yang dimodifikasi tersambung ke tangki kendaraan oleh pemilik mobil. Pihaknya belum dapat mengambil kesimpulan karena masih mengumpulkan data dari pihak berwajib.

"Kami masih menunggu olah tempat kejadian perkara yang dilakukan kepolisian. Seandainya ada pelanggaran kita akan memberikan pembinaan atau sanksi dan sanksi terberat adalah memutuskan kerja sama," katanya.

Ia mengakui kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi pada tahun ini, ada sebuah mobil yang memodifikasi mobilnya dengan menambahkan belasan jeriken di dalam mobil tersebut.

"Apabila kita terima hasil pemeriksaan segera akan kita lakukan penindakan," katanya.

Sebelumnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pertamina 14.251.519 yang berlokasi di Kota Padang terbakar dipicu sebuah mobil mengisi bahan bakar minyak menggunakan jerigen pada Jumat sekitar pukul 14.45 WIB.

Kebakaran SPBU terjadi di Jalan Haji Agus Salim Kota Padang, Sumatera Barat. Setengah bangunan SPBU terbakar dan menghanguskan dua unit pompa.

Kebakaran menimbulkan asap tebal yang memenuhi udara di sekitar lokasi kejadian.

Selain menghanguskan beberapa tempat pengisian bahan bakar, api juga menghanguskan satu unit mobil. Mobil tersebut memiliki tangki pengisian bahan bakar yang dimodifikasi oleh pemiliknya.

Seorang warga Noviarida (60) mengatakan dirinya melihat api tiba-tiba membesar di salah satu tempat pengisian bahan bakar kemudian menjalar di sekitar SPBU. Petugas berupaya memadamkan api namun tidak mampu memadamkan api.

"Api membesar begitu cepat dan menjalar. Saya tidak mendengar ledakan tapi yang jelas api langsung membesar," kata dia. (*)

Baca juga: Inilah pemicu terbakarnya SPBU Sawahan Padang

Baca juga: Flash - SPBU Sawahan Padang terbakar


Pewarta :
Editor: Azhari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar