Pemkab Dharmasraya latih kemampuan bertugas ratusan anggota Linmas

id Amrizal

Pemkab Dharmasraya latih kemampuan bertugas ratusan anggota Linmas

Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal (tengah)  pada pembukaan acara pelatihan Linmas. (ANTARASUMBAR/Humas Dharmasraya)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, memberikan pelatihan terhadap ratusan anggota perlindungan masyarakat (Linmas) untuk meningkatkan kemampuan dalam bertugas.

"Tantangan bidang kamtibmas ke depan semakin berat, apa lagi memasuki tahun politik, maka perlu dilakukan peningkatan kemampuan anggota," kata Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal di Pulau Punjung, Kamis.

Ia berharap pelatihan itu dapat memberikan pengetahuan peserta dalam mencegah, mengantisipasi, dan menangani suatu tindakan yang dapat menimbulkan gangguan keamanan.

"Kita latih sehingga paham akan pentingnya keamanan, ketertiban dalam masyarakat, perlu pengetahuan dan pelatihan perlindungan masyarakat," ujar dia.

Menurutnya anggota linmas merupakan ujung tombak di tengah masyarakat untuk menciptakan situasi aman dan kondusif sehingga diminta untuk tetap siaga.

"Selain itu, juga diminta berperan aktif dalam membantu penunggulangan bencana dan gangguan keamanan dan ketertiban masarakat (Kamtibnas)," ujarnya.

Ia meminta anggota linmas harus tetap kompak menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik agar tugas di lapangan terlaksana dengan baik dan masyarakat merasa terlindungi.

"Bagi kami peran Linmas ini sangat penting karena mereka berada di masyarakat setiap hari, sehingga mengatahui situasi dan tindakan yang harus dilakukan," ujarnya.

Pelatihan bagi Linmas tersebut, kata dia, merupakan upaya membangun anggota Linmas yang mampu bekerja secara maksimal sesuai dengan tugas masing-masing.

Pemateri yang diadirkan dalam pelatihan tersebut berasal dari pejabat Satpol PP Dharmasraya, Kodim 0310/SSD, dan Polres Dharmasraya. (*)