Perhatian, ada penghuni baru di kebun binatang Bukittinggi

id TMSBK

Suasana di TMSBK Bukittinggi (Antara Sumbar)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) lebih dikenal kebun binatang Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), segera mendatangkan satwa baru dari Batu Secret Zoo, Jawa Timur.

"Bentuknya berupa hibah. Ada tiga jenis satwa masing-masing jantan dan betina jadi jumlahnya enam ekor," kata Kepala Bidang TMSBK Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Ikbal di Bukittinggi, Minggu.

Ketiga jenis satwa yang akan diterima TMSBK yaitu llama dan alpaca yang merupakan satwa asal Amerika Selatan serta primata mungil marmoset.

"Jika proses hibah satwa ini berjalan lancar, kami harap bisa menghuni TMSBK pada penghujung tahun 2018 sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan menikmati liburan akhir tahun," katanya.

Ia menerangkan proses hibah satwa memakan waktu cukup lama karena pengurusan perizinan mulai dari pemerintah daerah, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) hingga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sebelumnya TMSBK pernah menerima hibah satwa singa afrika, kangguru tanah dan burung bayan dari Bali Zoo yang sudah dimulai sejak 2016 dan baru dapat terealisasi pada April 2017.

Lalu sebelumnya pula, proses pemindahan satwa zebra memakan waktu hingga dua tahun.

Saat ini, TMSBK dihuni oleh lebih dari 500 ekor satwa yang terdiri dari jenis burung, reptil dan mammalia.

Jika proses hibah satwa dapat terealisasi, selain diharapkan mampu menambah daya tarik objek wisata itu, juga dapat meningkatkan fungsi konservasi TMSBK.

"Kini kami ikuti dulu prosedurnya dan semoga berjalan lancar," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar