Irdinansyah Tarmizi: mari majukan Nagari Pariangan

id Pariangan, desa wisata, wisata

Nagari Tuo Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat (Antara Foto/Iggoy el Fitra)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengatakan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam memajukan Nagari Tuo Pariangan, yang merupakan salah satu desa wisata di daerah tersebut.

"Mari kita dukung agar Pariangan dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan dan masyarakat juga berperan untuk hal itu,” katanya di Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan, Pariangan merupakan destinasi wisata yang dikembangkan dengan konsep desa wisata, yang melibatkan masyarakat secara langsung.

Sehingga perlu kesadaran masyarakat untuk dapat menyambut serta berinteraksi bersama wisatawan dengan baik dan ramah, agar wisatawan memiliki kesan tersendiri ketika mengunjungi daerah tersebut.

Selain itu masyarakat juga harus dapat menjaga kebersihan lingkungan sehingga Pariangan menjadi destinasi wisata yang nyaman dengan tetap menjaga nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau.

Ia menambahkan, pihak pemerintah daerah sendiri berkeinginan agar Pariangan memiliki beberapa fasilitas tambahan untuk menunjang aktifitas pariwisata.

Beberapa fasilitas yang dimaksudkannya adalah keberadaan gedung pusat informasi wisata, galeri souvenir, parkir yang luas, mobil wisata dan sarana pendukung lainnya serta perbaikan rumah gadang.

Menurutnya, peluang yang diberikan presiden pada kunjungan beberapa waktu lalu sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah dengan mengirimkan proposal pembangunan infrastruktur Nagari Tuo Pariangan.

“Dalam waktu dekat, pemerintah daerah kembali akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR agar kegiatan ini segera terlaksana,” ujarnya.

Sementara itu Walinagari Pariangan, April Khatib Saidi mengharapkan agar pemerintah daerah tetap memberi masukan kepada masyarakat untuk kesiapan menjadi daerah wisata tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal

“Terima kasih kepada pihak pemerintah daerah yang terus mendukung dan memberi pembinaan kepada kami untuk menjadikan Pariangan semakin baik,” katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar