Baru dua parpol di Agam daftarkan caleg jelang penutupan

id pendaftaran caleg Agam,KPU Agam

Divisi Hukum dan Organisasi KPU Agam, Alhadi (baju putih) sedang memeriksa kelengkapan dokumen pengajuan bakal calon dari Partai NasDem Agam, Senin Senin (16/7). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan baru dua partai politik di daerah itu mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (caleg) menjelang penutupan pendaftaran, Selasa (17/7) pada pukul 24.00 WIB.

"Kami baru menerima pendaftaran bakal caleg dari Partai Golkar dan NasDem," kata Divisi Hukum dan Organisasi KPU Agam, Alhadi di Lubukbasung, Senin.

Ia mengatakan, Partai Golkar mendaftar bakal caleg pada Minggu (15/7) pada pukul 11:19 WIB dan NasDem pada Senin (16/7) pukul 14:31 WIB.

Dokumen pengajuan bakal calon dari dua partai iti sudah lengkap seperti, surat pencalonan, daftar bakal calon, peryataan pimpinan partai politik bahwa telah melaksanakan proses pencalonan secara demokratis dan fakta integritas.

"Kami telah memberikan tanda terima ke pengurus partai politik itu," katanya.

Untuk 14 partai politik lainnya, tambah mantan Ketua KPU setempat, bakal mendaftar pada hari terakhir pendaftaran Selasa (17/7).

Pendaftaran itu bakal ditutup pada pukul 24.00 WIB. Setelah penutupan itu, akan dilanjutkan verifikasi kelengkapan administrasi bakal Caleg pada 5-18 Juli 2018.

Untuk penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi caleg pada 19-21 Juli 2018. Perbaikan daftar dan syarat caleg, serta pengajuan caleg penganti pada 22-31 juli 2018.

Selanjutnya, verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat caleg pada 1-7 Agustus 2017.

Setelah itu jika sudah memenuhi syarat maka penetapan caleg sementara pada 8-12 Agustus 2018 dan pengumuman pada 12-14 Agustus 2018.

Ketua DPD PKS Agam, Suharman mengatakan, pihaknya akan mendaftar pada Selasa (17/7) pagi.

Rencananya, PKS mendaftar pada Senin (16/7), namun mandat penghubung ada permasalahan, maka pendaftaran diundur.

"Sebelumnya kita telah melakukan konsultasi dengan komisioner KPU setempat terkait pendaftaran bakal caleg ke komisioner KPU," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar