Mahyeldi-Hendri Menang Telak pada Pemilihan Ulang di Kampung Jua

id Mahyeldi

Calon Wali Kota Mahyeldi saat jumpa pers di Posko Pemenangan pada Rabu (27/6). Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi. (b) (b/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pasangan calon Wali Kota Padang Mahyeldi-Hendri unggul telak di TPS 10 Kelurahan Kampung Jua Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang Sumatera Barat yang mengalami pemilihan ulang pada Minggu.

"Pasangan Mahyeldi-Hendri mengumpulkan 196 suara, sementara pasangan Emzalmi-Desri Ayunda hanya memperoleh 14 suara di TPS itu," kata Ketua TPS 10 Abdul Hadis di Padang, Minggu.

Jumlah masyarakat yang menyalurkan hak pilih sebanyak 210 suara dan tidak ada suara yang rusak atau tidak sah pada pemilihan hari ini.

Ia mengatakan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut sebanyak 447 orang dan yang menggunakan hak pilihnya hanya 210 orang.

Sementara dalam pemilihan dilakukan di TPS yang sama pada Rabu (27/6) dari sebanyak 447 pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 404 orang.

"Jumlah pemilih pada hari ini memang lebih rendah dari pemilu serentak kemarin," kata dia.

Sebelumnya KPU Kota Padang menggelar pemilihan ulang di TPS 10 Kampung Jua karena rekomendasi dari Panwaslu.

"Sesuai aturan pemilihan ulang dapat dilakukan maksimal empat hari setelah pelaksanaan pemilu resmi," kata Ketua KPU Padang M Sawati.

Sementara Ketua Panwaslu Kota Padang, Dorri Putra mengatakan pemilihan ulang ini dilakukan karena tiga pemilih yang mencoblos pada Rabu (27/6) namun mereka tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

"Dua orang menggunakan KTP non-elektronik dari Kecamatan Lubuk Kilangan dan satu pemilih berdomisili di Kelurahan Penggambiran sehingga tidak boleh memilih di TPS tersebut tapi mereka tetap ikut memilih. Kita rekomendasikan untuk lakukan pemilihan ulang," kata dia.

Pilkada Padang 2018 diikuti dua pasang calon yaitu Emzalmi-Desri nomor urut satu yang diusung tujuh partai dan Mahyeldi-Hendri Septa nomor urut dua yang diusung PKS dan PAN.

Emzalmi merupakan Wakil Wali Kota Padang petahana yang berpasangan dengan Mahyeldi pada Pilkada Padang 2013 dan tampil sebagai pemenang. Sedangkan Wakil Emzalmi, Desri Ayunda pada pilkada Padang 2013 juga mencalonkan diri sebagai wali kota berpasangan dengan James Helyward

Sementara Mahyeldi merupakan wali kota petahana yang kembali mencalonkan diri dan berpasangan dengan Ketua DPD PAN Padang Hendri Septa.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar