Mari dukung Jembatan Akar di Anugerah Pesona Indonesia

id jembatan akar

Mari dukung Jembatan Akar di Anugerah Pesona Indonesia

PESSEL, 26/6 - Seorang warga melintas di lokasi objek wisata Jembatan Akar, di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, Minggu (26/6). Jembatan tersebut terbuat dari akar-akar pohon beringin yang sudah berumur seratus tahun lebih itu menghubungkan Desa Pulut-pulut dengan Desa Lubuk Silau, membentang di atas Sungai Batang Bayang sepanjang 30 meter, merupakan objek wisata alam andalan Sumbar. FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra/11

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Hendrajoni mengajak masyarakat bersama-sama mendukung objek wisata Jembatan Akar pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

"Setelah Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh dinobatkan sebagai peraih peringkat pertama kategori surga tersembunyi terpopuler pada API 2017, tahun ini Jembatan Akar juga masuk nominasi API sebagai nominasi objek wisata unik terpopuler dan mari bersama-sama kita mendukungnya," kata bupati di Painan, Sabtu.

Dukungan tersebut tambahnya bisa diberikan hingga 31 Oktober 2018 dengan cara mengunduh aplikasi API di telepon pintar atau gawai lantas dilanjutkan dengan memilih Jembatan Akar.

Selanjutnya dukungan juga bisa diberikan dengan cara mengetik API (spasi) 16E dan kirim ke 99386.

Menurutnya dengan dijadikannya dua objek wisata di kabupaten itu sebagai nominasi API menunjukan bahwa objek wisata pada daerah setempat sudah cukup populer.

Saat ini kata bupati tinggal masyarakat dalam mendukungnya sehingga daerah mampu mensejajarkan diri dengan daerah lainnya yang juga menjadi tujuan utama wisatawan baik nasional maupun internasional.

"Dengan dukungan yang diberikan masyarakat kami berharap kesuksesan Kawasan Mandeh yang dinobatkan sebagai peraih peringkat pertama kategori surga tersembunyi terpopuler pada API 2017 bisa diulangi Jembatan Akar," katanya.

Selain Jembatan Akar, terdapat beberapa objek wisata di Sumatera Barat yang juga menjadi nominasi API namun dengan kategori berbeda, seperti Rumah Gadang Panjang dari Solok Selatan masuk nominasi di kategori Situs Sejarah Terpopuler, Aia Aka dari Kota Bukittinggi yang masuk nominasi Minuman Tradisional Terpopuler, Kue Pare dari Kabupaten Pasaman masuk nominasi Makanan Tradisional Terpopuler.

Lawang Park dari Kabupaten Agam masuk nominasi kategori Dataran Tinggi Terpopuler, dan Balai Kaliki dari Kota Payakumbuh masuk nominasi Kampung Adat Terpopuler.

Objek wisata Jembatan Akar telah berumur seabad lebih dan dibentuk dengan menjalin dua akar pohon beringin yang membentang di atas Sungai Batang Bayang.

Objek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan pada saat libur akhir pekan dan biasanya pada libur lebaran kunjungan akan membludak, lokasi berjarak kurang lebih 85 kilometer dari Kota Padang ke arah selatan dan sekitar 25 kilometer dari Painan.