Nagari Kumanis wakili Sijunjung ikuti lomba nagari berprestasi tingkat Sumbar

id nagari

Nagari Kumanis wakili Sijunjung ikuti lomba nagari berprestasi tingkat Sumbar

Foto wilayah Nagari Kumanis, terlihat suasana bersih (ist)

Di samping Kumanis, dua nagari lainnya yang dievaluasi perkembangan dan kemajuannya yakni Nagari Paru, Kecamatan Sijunjung dan Nagari Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok
Muaro, (Antaranews Sumbar) - Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus terpilih mewakili Kabupaten Sijunjung untuk mengikuti penilaian nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat 2018.

Nagari Kumanis terpilih setelah tim penilai nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung mengevaluasi perkembangan dan kemajuan tiga nagari yang terpilih sebagai terbaik I, II dan III pada pemilihan nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung pada 2017.

"Di samping Kumanis, dua nagari lainnya yang dievaluasi perkembangan dan kemajuannya yakni Nagari Paru, Kecamatan Sijunjung dan Nagari Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung, Drs. H. Syukri, MM, di ruang kerjanya, Rabu.

Tim yang melakukan evaluasi perkembangan dan kemajuan ketiga nagari tersebut diketuai Kasi Kerja Sama dan Evaluasi Perkembangan Nagari DPMN, Salim dengan anggota tim 14 orang.

Ke-14 anggota tim itu yakni Yan Rivaldi (Sekretaris Dinas Dagperinkop UKM), Rosman Fendi (Kabid Perencanaan Sosbud Bapppeda), Gustriwarni (Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes), Arief Budiman (Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD).

Yulwaren (Kabid Bidang Manajemen Data dan Sistem Informasi Dinas Kominfo), Yan Hadian (Kasi Bina Politik Kantor Kesbangpol dan Linmas), Ade Primawati (Kasi Fasilitasi Perencanaan dan Pembangunan Bidang Keuangan dan Pembangunan DPMN).

Ayu Boni Dwi Fitha (Kasi Pengembangan Kapasitas Aparatur DPMN), Golriani (Kasi Penataan Administrasi Pemerintahan Nagari DPMN), Ny. Lena Aprizal (TP-PKK), Nasrul Rasyad (pers) serta Syamsu Anwar, Yulia Astuti dan Dewinta Indri Astuti (Funsional Umum DPMN).

Hasil evaluasi yang dilakukan tim, Kumanis memperoleh nilai 528,5 dengan rincian, kewilayahan 85, pemerintahan 212, kemasyarakatan 158, kesehatan 35,5, pendidikan 10, PKK 8,5 dan ekonomi 19,5.

Setelah terpilih mewakili Kabupaten Sijunjung, Kumanis akan dinilai oleh tim penilaian nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam waktu dekat ini, jelas Syukri. (*)