Akan diberi bantuan, pemkab Solok Selatan data masyarakat berminat tanam bawang putih

id Risa Herfina

Akan diberi bantuan, pemkab Solok Selatan data masyarakat berminat tanam bawang putih

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian setempat, Risa Herfina. (Antara Sumbar/Erik IA)

Kami khawatir tidak ada masyarakat yang berminat menanam bawang putih, karena baru pertama kali sehingga disebarkan dulu lewat media sosial agar bantuan tersebut bermanfaat dan anggarannya tidak kembali ke pusat
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mendata masyarakat setempat yang berminat untuk menanam bawang putih guna diberikan bantuan.

"Kami diinformasikan oleh pihak provinsi akan ada bantuan pengembangan bawang putih untuk Solok Selatan seluas 20 hektare, dan sebelum dana turun kami menyebarkannya melalui media sosial dan minat masyarakat cukup tinggi sehingga penyuluh diminta mendatanya," kata Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian setempat, Risa Herfina di Padang Aro, Senin.

Untuk saat ini katanya, pihaknya masih menunggu Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) karena belum ditandatangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Dia menjelaskan, ini merupakan rencana pengembangan bawang putih yang pertama di Solok Selatan sehingga sebelum diambil pihaknya menyebarkan informasinya kepada masyarakat.

"Kami khawatir tidak ada masyarakat yang berminat menanam bawang putih, karena baru pertama kali sehingga disebarkan dulu lewat media sosial agar bantuan tersebut bermanfaat dan anggarannya tidak kembali ke pusat," ujarnya.

Tanggapan masyarakat setelah disebar lewat media sosial cukup tinggi dan banyak yang bertanya bagaimana mendapatkannya baik melalui pesan singkat maupun langsung datang ke kantor.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut masyarakat harus tergabung dalam kelompok tani dan membuat proposal permohonan.

"Setelah POK dan DPA turun kami akan umumkan dan masyarakat bisa memasukkan proposal untuk mendapatkannya," katanya.

Dia menyebutkan, untuk wilayah Solok Selatan ada tiga Kecamatan yang cocok dikembangkan bawang putih.

Tiga Kecamatan tersebut yaitu Sangir, Pauah Duo dan Koto Parik Gadang Diateh karena suhunya dinilai cocok.

Saat ini katanya, pemerintah menggencarkan pengembangan bawang putih sebab produksinya masih terbatas dan belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. (*)