Kunjungan ke Lembah Harau masih membludak, polisi berlakukan sistem buka tutup

id lembah harau,lalu lintas lembah harau,pariwisata limapuluh kota

Petugas kepolisian memberlakukan sistem buka tutup di gerbang masuk wisata Lembah Harau, Kamis (21/6) sore. (ANTARA SUMBAR)

Sarilamak, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), masih memberlakukan sistem buka tutup jalan pada pintu gerbang objek wisata Lembah Harau, pada Kamis.

"Karena arus lalu lintas kembali padat sejak pukul 13.00 WIB, kami kembali melakukan sistem buka tutup jalan pada pintu masuk Lembah Harau," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Limapuluh Kota AKP Dwi Yulianto, di Sarilamak, Kamis.

Sistem buka tutup jalan itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pada simpang objek wisata itu.

Mengingat simpang tersebut mempertemukan wisatawan Lembah Harau, dengan arus balik menuju Pekanbaru, serta warga setempat.

Meskipun demikian, lanjut Dwi, yang menjadi fokus utama pihak kepolisian adalah kelancaran arus menuju Kelok Sembilan.

"Diprioritaskan kedaraan yang hendak menuju Pekanbaru, untuk keluar masuk wisata Lembah Harau ditutup saat kendaraan dari Payakumbuh semakin ramai," katanya.

Hingga pukul 17.00 WIB, buka tutup jalan masih terus diberlakukan karena untuk mengantisipasi wisatawan yang keluar dari Lembah Harau.

Polisi memprediksi sekitar pukul 20.00 WIB, arus akan kembali lancar menuju Kelok Sembilan.

"Setelah wisatawan dari Lembah Harau habis, maka arus akan kembali lancar seperti biasa," katanya.

Pihak kepolisian menyarankan agar para perantau yang akan balik ke Pekanbaru, menghindari siang hari ketika melalui Simpang gerbang Harau.

"Dengan begitu para perantau bisa terhindar dari kepadatan arus. Karena ketika aktivitas pintu masuk Lembah Harau meningkat, sistem buka tutup akan diberlakukan," jelasnya.

Berdasarkan data petugas masuk wisata Lembah Harau, Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), jumlah pengunjung dalam sehari mencapai 1.500 orang selama musim libur Lebaran.

"Sejak usai lebaran kunjungan ke Lembah Harau terus meningkat, dalam sehari mencapai 1.500 orang," kata Tenaga Harian Lepas Dinas Pariwisata Limapuluh Kota sekaligus penjual tiket masuk Lembah Harau, Susmayulianti (40). (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar