Arus balik di kelok 44 terpantau lancar

id kelok 44

Arus balik di kelok 44  terpantau lancar

Salah seorang anggota Polres Agam, sedang mengatur arus lalu lintas di Kelok 32, Kamis (20/6). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Arus balik di sepanjang jalan provinsi Kelok 44 Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang menghubungkan antara Lubuk Basung dengan Bukittinggi terpantau lancar pada H+4 Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi melalui Kasat Lantas Polres setempat, AKP Syafrizal Nanin di Lubukbasung, Rabu menyampaikan kondisi ini terjadi semenjak arus mudik sampai saat ini.

"Arus lalu lintas lancar dan tidak adai kemacetan dari arus mudik sampai balik," katanya.

Polres setempat memfokuskan pengamanan saat Operasi Ketupat Singgalang dengan membentuk pos pengamanan di kelok 1, kelok 32 dan kelok 44.

Selain itu, mengerahkan personel untuk mengatur lalu lintas, menyediakan alat berat, mobil derek dan lainnya.

Alat berat dan mobil derek ini dikerahkan untuk membersihkan material longsor apabila terjadi tanah longsor melanda daerah itu dan menderek mobil yang rusak.

"Kami sudah antisipasi karena daerah itu rawan longsor dan sering terjadi mobil rusak," katanya.

Untuk ruas jalan menuju objek wisata seperti, Objek Wisata Muko-muko, Ambun Tanai, Puncak Lawang, Pasia Tiku, Bandar Mutiara, dengan kondisi ramai dan lancar.

Di lokasi itu, Polres Agam membentuk pos pantau untuk mengatur arus lalu lintas.

Saat Operasi Ketupat Singgalang, Polres setempat mengerahkan 200 personel dalam rangka memberikan kenyamanan kepada pemudik saat Idul Fitri 1439 Hijriah.

200 personel tersebut belum termasuk anggota Kodim 0304 Agam, Dinas Perhubungan setempat, Satpol PP Damkar Agam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan lainnya.

Selain mengerahkan personel, juga membentuk tujuh pos pantau dan empat pos pengamanan yang berada di Simpang Gudang Manggopoh, Kelok 1, Kelok 32 dan Kelok 44.

Kelok 44 merupakan daerah rawan macet karena jalan berukuran kecil sekitar enam meter dan banyak tikungan.

Sementara untuk Simpang Gudang Manggopoh merupakan daerah rawan kecelakaan.

"Ini berdasarkan hasil evaluasi pengamanan operasi tahun sebelumnya," kata dia.