Pemerintah agar segera cairkan THR, harapan ASN Indragiri Hulu

id rupiah

Petugas menghitung uang rupiah. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kami sangat menunggu THR tersebut, hari raya sudah diambang pintu,
Rengat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau agar segera mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) sebagaimana diharapkan sejumlah aparatur sipil negara (ASN) setahap karena kebutuhan menghadapi Lebaran makin banyak.

"Kami sangat menunggu THR tersebut, hari raya sudah diambang pintu," kata salah satu ASN Sekretariat Daerah Pemkab Indragiri Hulu Yusi di Rengat, Minggu.

Ia mengaku gajinya sebagai pegawai sudah habis untuk membayar hutang, sehingga dalam memenuhi berbagai kebutuhan menghadapi Idul Fitri mengharapkan THR yang dijanjikan pemerintah.

"Jika diterima banyak kebutuhan akan dibelanjakan, misalnya baju Lebaran anak-anak, sembako, dan daging seperti tahun sebelumnya," tambahnya.

Sebagai ASN, terutama yang tidak ada kegiatan penunjang penghasilan, THR menjadi solusi memenuhi berbagai kebutuhan, antara lain menghadapi Lebaran dan pendaftaran siswa baru dalam waktu dekat.

"Semoga secepatnya direalisasikan oleh Bagian Keuangan," ujarnya.

Seorang pegawai di salah satu instansi vertikal di daerah itu, Yunus, mengatakan bahwa bukan hanya ASN di lingkungan Pemkab Indragiri Hulu yang menanti pencairan THR.

Akan tetapi, lanjutnya karyawan di sejumlah instansi lain juga menunggu realisasi THR untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga menjelang Lebaran.

"Kebijakan pemerintah pusat menaikkan THR tahun 2018 terasa sangat menolong," ujarnya.

Akan tetapi, tambahnya sebaiknya ditingkatkan lagi untuk tahun berikutnya, karena setiap daerah tingkat ekonominya juga berbeda-beda, termasuk harga kebutuhan pokok sehari-hari menjelang Idul Fitri.

Masyarakat Indragiri Hulu mengapresiasi besarnya THR bagi ASN yang diberikan pemerintah.

Namun, kata dia, mestinya hal serupa juga dilakukan pihak perusahaan swasta kepada karyawannya.

"Pedagang juga akan kepercikan hasilnya, setidaknya pembeli meningkat, terutama ASN dan karyawan," ujarnya.

Kalangan ASN dan masyarakat lainnya di daerah setempat saat ini juga disibukkan dengan pemenuhan berbagai kebutuhan menghadapi Lebaran, seperti berbelanja kue, pakaian, dan sembako.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar