Pemuda Minang Sewa Bus untuk Pulang Kampung

id pulang basamo

Pemuda Minang Sewa Bus untuk Pulang Kampung

. Bus pariwisata yang digunakan untuk "pulang basamo". (istimewa) (istimewa/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - "Pulang basamo" atau mudik bersama menggunakan bus pariwisata diminati oleh mahasiswa dan perantau Minang yang berada di sekitar Kota Bandung dan Jakarta.

Ketua Panitia "pulang basamo", Oktaferiando dihubungi dari Padang, Rabu, mengatakan hingga saat ini sudah terdaftar sebanyak 326 mahasiwa dan perantau yang akan pulang basamo.

"Kuota yang tersisa saat ini dua bus dengan jumlah kursi sekitar 45 orang per bus," katanya.

Untuk daerah tujuan dari pulang basamo yang diprakarsai oleh sejumlah anak muda Minangkabau ini, yakni Kota Solok, Padang, Bukittinggi dan Payakumbuh, pendaftarannya akan ditutup pada 6 Juni 2018.

Kemudian ia menyebutkan keberangkatan dari Bandung dan Jakarta bervariasi ada tanggal 9 Juni, 10 Juni dan 12 Juni 2018.

Kegiatan pulang basamo tersebut sudah rutin dilaksanakan sejak 2009 setiap lebaran dengan tujuan mempermudah masyarakat di rantau untuk pulang ke kampung halaman.

Saat mudik, kata dia biasanya harga tiket cukup mahal sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga di rumah.

"Untuk tiket pulang basamo ini Rp530.000 per orang, fasilitas bus VIP, disediakan makanan ringan," sebutnya.

Selain itu ia berharap pulang basamo dapat mempererat silaturahmi antar perantau dan lebih saling mengenal sesama, apalagi perantau dapat dikatakan sebagai salah satu pilar pembangunan yang mendorong percepatan pembangunan daerah.

"semoga pulang basamo tahun ini berjalan sukses dan tidak ada kendala," tambahnya. *