Tanah Datar peringkat lima besar UNBK SMP di Sumbar

id Abrar

Tanah Datar peringkat lima besar UNBK SMP di Sumbar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, Abrar. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Alhamdulillah tahun ini Tanah Datar memperoleh peningkatan dalam pelaksanaan ujian nasional, baik UNBK maupun UNKP
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Kabupaten Tanah Datar masuk dalam peringkat lima besar dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs tingkat provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang digelar pada 23 hingga 26 April 2018.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanah Datar, Abrar di Batusangkar, Jumat, mengatakan dari 19 kabupaten/kota yang ada, Tanah Datar mendapat peringkat lima dan posisi pertama untuk wilayah sesama kabupaten.

"Alhamdulillah tahun ini Tanah Datar memperoleh peningkatan dalam pelaksanaan ujian nasional, baik UNBK maupun UNKP," katanya.

Selain itu untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP), SMP Tanah Datar berada di peringkat tiga dan untuk MTs berada di peringkat lima Sumbar dan untuk sesama wilayah kabupaten ada pada posisi pertama.

Menurutnya, pencapaian ini sudah lebih baik dari pada tahun sebelumnya dan akan terus ditingkatkan untuk tahun-tahun mendatang.

Untuk UNBK jenjang SMP, peringkat pertama diraih oleh Kota Padang dan kemudian diikuti oleh Kota Bukittinggi, pada peringkat ketiga diraih oleh Kota

Payakumbuh dan Kota Padang Panjang di peringkat keempat.

Sementara untuk UNBK jenjang MTs peringkat pertama hingga keempat ditempati oleh Kota Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh dan Kabupaten Pasaman.

Sebelumnya Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma mengatakan pihaknya mendukung peningkatan jumlah sekolah yang dapat melaksanakan UNBK dibanding Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

"Untuk melengkapi sarana dan prasarana kita akan upayakan melalui anggaran yang tersedia serta dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada," katanya. (*)