Menteri Perhubungan serahkan dua bus kepada UBH Padang

id Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) menyerahkan secara simbolik kunci bus sebagai tanda penyerahan dua unit bus yang diterima Rektor Universitas Bung Hatta Prof Azwar Ananda (dua kiri) disaksikan oleh anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto (kanan) dan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi (kiri) di Balairung Caraka UBH Padang, Senin (21/5). (ANTARA SUMBAR / Mario S Nasution)

Ada sebanyak 400 bus yang akan diproduksi hingga 2019 nanti
Padang, (Antaranews Sumbar) - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyerahkan dua unit bus operasional kepada Universitas Bung Hatta (UBH) Kota Padang Sumatera Barat, Senin.

"Pemberian bus ini bertujuan meningkatkan akses dan mobilisasi mahasiswa dan para dosen untuk mendukung pelaksanaan program belajar mengajar," kata dia saat di Balairung Caraka Universitas Bung Hatta di Padang, Senin.

Ia mengatakan pemberian bus tersebut akan dilakukan pada tahun ini sebanyak satu unit dan tahun depan sebanyak satu unit.

Awalnya Kementerian Perhubungan berencana akan memberikan bantuan satu unit saja kepada UBH, namun setelah mendengar pemaparan rektor dan masukan dari pihak lainnya pihaknya sepakat memberikan dua unit bus.

Menteri Perhubungan juga memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa UBH yang memadati Aula Caraka tersebut. Selain itu dalam kuliah umumnya Budi Karya Sumadi meminta lima mahasiswa melakukan orasi di depan dirinya, pejabat kementerian, Dewan Penasihat Presiden, Pejabat kampus UBH dan ratusan mahasiswa tentang keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Para mahasiswa diberikan tontonan video tentang maksud dan tujuan pembangunan infrastruktur di Indonesia selama tiga menit, kemudian mahasiswa yang ditunjuk sebanyak lima orang memberikan orasi terkait video tersebut.

Ada dua mahasiswa yang berhasil memberikan orasi dengan baik yang dinilai oleh Rektor UBH dan anggota Dewan Pertimbangan PresidenSidarto Danusubroto.Kedua mahasiswa tersebut berhak membawa pulang hadiah sebuah laptop.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi mengatakan pemberian bus ini merupakan kompensasi yang diterima oleh masyarakat dari kompensasi subsidi bahan bakar minyak. Dari 2002 Kemeterian Perhubungan telah menyalurkan sebanyak 3.804 bus.

Sebanyak 3.804 tersebut disalurkan terhadap 400 pemerintah kota kabupaten,83 lembaga pendidikan, universitas, sekolah tinggi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan lainnya.

"Ada sebanyak 400 bus yang akan diproduksi hingga 2019 nanti," kata dia.

Ia mengatakan banyak proyek pembangunan yang dilakukan di Sumatera Barat seperti pembangunan Terminal Anak Aia, pengadaan perlengkapan 12 ruas jalan nasional dan lainnya.

Sementara Rektor Universitas Bung Hatta Prof Azwar Ananda mengatakan kampus UBH ada di tiga lokasi di Kota Padang yakni di Ulak Karang, Jalan Gajah Mada dan di Bypass Aia Pacah, total luas kampus UBH seluas 36 hektare.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan yang telah berkenan memberikan bus tersebut. Bus ini akan menjadi sarana transportasi antara satu kampus ke kampus lainnya.

Kampus ini memiliki fakultas kelautan dan kemaritiman yang sesuai dengan salah satu nawa cita presiden Joko Widodo.

"Fakultas ilmu kelautan dan kemaritiman ini merupakan satu-satunya program studi yang ada di Sumbar," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar