Forki Agam Seleksi Atlet Ikuti Pra Porprov

id forki

Pelaksana tugas Ketua Forki Kabupaten Agam, May Indra. Antara Sumbar/Yusrizal

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pengurus Cabang Forki Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyeleksi atlet karate yang akan mengikuti pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Padang pada Juli 2018.

Pelaksana tugas Ketua Forki Agam, Mau Indra di Lubukbasung, Minggu, mengatakan seleksi dilakukan di GOR Rang Agam pada Sabtu (12/5), diikuti 30 orang untuk mencari berat badan atlet sesuai dengan kelas yang akan dipertandingkan.

"Pada pra Porprov nanti ada 30 kelas yang akan dipertandingkan dan kami akan mengirim seluruh kelas," katanya.

Atlet yang mengikuti seleksi itu mempunyai sertifikat baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Ia mengatakan, 30 atlet itu terdiri dari perempuan sebanyak 14 orang dan laki-laki 16 orang dengan usia 16 sampai 24 tahun.

Dari 30 atlet yang mengikuti seleksi, tiga orang gugur dan tidak akan dikirim saat pra Porprov.

"Ke tiga atlet yang dicoret akibat jarang mengikuti latihan sebelumnya sehingga permainan kurang. Untuk mengisi kekosongan itu akan diisi dengan atlet lain," katanya.

Ia menambahkan, seleksi itu dalam rangka untuk melihat kemampuan dari mereka apakah benar melakukan latihan selama ini.

Setelah seleksi dilakukan, seluruh atlet akan mengikuti TC penuh di GOR Rang Agam dan Kota Padang menjelang pelaksanaan pro Porprov di Padang Minggu kedua Juli 2018.

"Pra Porprov ini merupakan syarat bagi atlet untuk mengikuti Porprov di Padang Pariaman pada November 2018," katanya.

Pada Porprov nanti, pihaknya menargetkan tiga medali emas. Target ini lebih banyak dari Porprov di Padang 2016 dengan perolehan satu medali emas, tiga perak dan enam perunggu.

"Kami optimis meraih tiga medali, karena atlet yang kita kirim telah dibina dan mereka telah menyumbangkan medali pada event tingkat Agam dan Sumbar," katanya.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur berharap seluruh atlet karate bisa meraih prestasi pada pra Porprov nanti, sehingga target pada Porprov akan tercapai nantinya.

"Kami mengimbau atlet untuk serius berlatih menjelang pra Porprov," katanya.

Pada Porprov di Padang Pariaman, KONI Agam menargetkan perolehan medali meningkat pada Porprov di Padang pada 2016.

Pada Porprov XIV di Padang, Agam berada pada peringkat tiga besar setelah Kota Padang dan Bukittinggi dengan memperoleh medali emas sebanyak 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 58 keping.

Sedangkan pada Porprov XIII di Dharmasraya pada 2014, Agam berada pada peringkat empat dengan memperoleh medali emas sebanyak 46 keping, medali perak 45 keping dan medali perunggu 59 keping.

Pada Porprov XII di Limapuluh Kota pada 2012, Agam berada pada peringkat lima dengan memperoleh medali emas sebanyak 43 keping, medali perak 38 keping dan medali perunggu 41 keping.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar