AL AS bangun kembali Armada ke-II di Samudera Atlantik Utara untuk menghadang Rusia

id kapal induk

AL AS bangun kembali Armada ke-II di Samudera Atlantik Utara untuk menghadang Rusia

kapal induk AS (pixabay.com)

Armada Kedua akan menjalankan otoritas operasional dan administratif atas kapal yang ditugaskan, pesawat dan pasukan pendaratan di Pantai Timur dan Samudra Atlantik utara,
Washington, (Antaranews Sumbar) - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) membangun kembali Armada Ke-II yang memiliki area tanggung jawab di Samudra Atlantik utara, setelah hampir tujuh tahun dibubarkan untuk melawan Rusia di jantung strategi militernya.

"Strategi Pertahanan Nasional kami memperjelas bahwa kita kembali di era persaingan kekuatan besar karena lingkungan keamanan terus tumbuh dengan lebih menantang dan rumit," kata Kepala Operasi AL AS Laksamana John Richardson pada hari Jumat.

"Armada Kedua akan menjalankan otoritas operasional dan administratif atas kapal yang ditugaskan, pesawat dan pasukan pendaratan di Pantai Timur dan Samudra Atlantik utara," kata Richardson.

Seorang pejabat AL AS mengatakan, sejumlah keputusan seperti siapa yang akan memimpin Armada Kedua dan aset apa yang akan dimasukkan, belum dibuat dan tidak jelas kapan armada itu akan beroperasi.

Pada tahun 2011, armada dibubarkan karena alasan penghematan biaya dan struktur organisasi.

Sejak itu, bagaimanapun, Rusia telah menjadi lebih tegas, meregangkan otot militernya dalam konflik seperti di Ukraina dan Suriah dan ketegangan antara Moskow dan Washington meningkat.

Awal tahun ini, militer AS mengatakan dalam strategi pertahanan nasional baru yang melawan Rusia, bersama dengan China, akan menjadi prioritas, tanda terbaru dari prioritas yang berubah setelah lebih dari satu setengah dasawarsa berfokus pada perang melawan militan Islam.

Dalam menyajikan strategi baru, yang akan menetapkan prioritas bagi Pentagon untuk tahun-tahun mendatang, Menteri Pertahanan Jim Mattis menyebut China dan Rusia sebagai "kekuatan revisionis" yang berusaha menciptakan dunia yang konsisten secara otoriter.

Rusia telah meningkatkan patroli angkatan lautnya di Laut Baltik, Atlantik utara dan Arktik, kata pejabat NATO, meskipun ukuran angkatan lautnya lebih kecil daripada saat era Perang Dingin.

Sejak menjabat tahun lalu, Presiden Donald Trump telah berusaha membangun hubungan yang lebih kuat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tetapi hubungan sebaliknya memburuk atas tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS 2016, dugaan Rusia meracuni mantan agen ganda di Inggris, dan dukungan Putin terhadap pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad di Suriah.

Pentagon juga mengumumkan pada hari Jumat bahwa pihaknya menawarkan untuk menjadi tuan rumah sebuah Komando Pasukan Gabungan NATO yang diusulkan di fasilitas AL di Norfolk, Virginia.

Komando tersebut adalah salah satu dari dua komando NATO baru yang diusulkan untuk menghalangi Rusia yang ditawarkan AS dan Jerman sebagai tuan rumah.(*)