Meminjam buku lebih mudah dengan iPusnas

id Perpustakaan Nasional,Perpustakaan Digital Nasional,Ipusnas

Meminjam buku lebih mudah dengan iPusnas

Perpustakaan Nasional. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Pariaman, Sumbar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat terus menyosialisasikan perpustakaan digital nasional atau iPusnas kepada masyarakat setempat sehingga bisa melakukan peminjaman buku dalam jaringan berupa buku elektronik.

"Program ini telah diluncurkan sejak 2017. Saat ini terdapat 30.000 judul buku pada aplikasi iPusnas," kata Kepala Bagian Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pariaman, Nenmarni di Pariaman, Kamis.

Ia menjelaskan iPusnas merupakan salah satu program pemerintah pusat yang digagas oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk menjangkau masyarakat ke seluruh pelosok Tanah Air.

Program tersebut berupa aplikasi yang dapat diunduh melalui telepon selular jenis android.

"Aplikasi tersebut bisa dibuka melalui Playstore, lalu diunduh. Selanjutnya pengguna diharuskan mengisi nama, nomor telepon serta e-mail," kata dia.

Ia menjelaskan peminjaman buku dapat dilakukan setiap hari dengan lama pinjaman tiga hari per buku.

Kemudian apabila sudah lewat dari tiga hari, maka buku itu akan hilang dengan sendirinya dari daftar pinjaman sehingga perlu dilakukan peminjaman ulang jika masih ingin membaca, jelas dia.

Ia menyebutkan jenis buku bervariasi di antaranya buku agama, keterampilan, ekonomi bisnis, kesehatan dan lainnya.

Ia mengatakan buku yang tersedia di iPusnas merupakan versi lengkap, baik itu judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, isi, hingga referensi.

"Ini berbeda dengan membaca buku melalui google yang biasanya terdapat penggalan-penggalan sehingga isi buku tidak lengkap," ujar dia.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Pariaman untuk mulai menggunakan aplikasi iPusnas yang memberi kemudahan dalam mencari referensi bacaan dimanapun dan kapanpun.

"Kami terus menyosialisakan program ini dalam berbagai kegiatan atau acara, sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakannya," kata dia.