Dinas Perpustakaan Sijunjung masuk nominator LKD terbaik nasional

id Kearsipan

Dinas Perpustakaan Sijunjung masuk nominator LKD terbaik nasional

Bupati Yuswir Arifin foto bersama usai menghadiri ekspose tetang kebijakan Lembaga Kearisipan Daerah di Jakarta. (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu dari enam nominator Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kabupaten/kota yang telah ditetapkan ANRI.

Sedangkan lima nominator lainnya yakni Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Tuban, Kota Bogor, Kota Cilegon, serta Kota Magelang.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Darlias menghadiri undangan presentasi pemilihan LKD terbaik nasional 2019, Kamis (18/4) di gedug Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta.

" Presentasi ini merupakan tahap selanjutnya dalam penilaian pemilihan LKD terbaik tingkat nasional 2019," ujar Bupati.

Jadi, Sijunjung patut berbangga karena mewakili Provinsi Sumatera Barat, bahkan Pulau Sumatera sebagai nominator dalam pemilihan LKD terbaik tahun ini, tambahnya.

Sementara itu, Darlias sebagai Kepala LKD, dalam presentasinya dihadapan tim juri pemilihan LKD terbaik Nasional 2019, melakukan presentasi mengenai kebijakan Pemerintah Kabupaten Sijunjung di bidang kearsipan yang sesuai dengan visi misi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

Pemerintah Daerah telah melaksanakan program dan kegiatan dalam bidang kearsipan. "Kami telah menyelenggarakan Diklat dan Bimtek di bidang kearsipan, Hal ini dimulai sejak Tahun 2016 dan 2017 dilakukan pembinaan dan penyelenggaraan kearsipan bagi OPD dan Nagari," jelas Darlias.

Sedangkan pada 2018 dilakukan pengawasan internal, sedangkan pada 2019 dilakukan TLHP dan pengawasan Arsip Dinamis 2018.

Bahkan di tahun 2020 nanti akan dilakukan inovasi yakni kerjasama dengan konsultan arsip serta pembangunan Depo baru LKD yang sesuai standar, sehingga diharpkan Tahun 2021 menuntaskan arsip akhir RPJMD,katanya.