Hadapi UNBK, siswa SMP di Bukittinggi simulasi hingga tiga kali

id Simulasi UNBK SMP

Hadapi UNBK, siswa SMP di Bukittinggi simulasi hingga tiga kali

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Siswa SMP di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti tiga kali simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk mempersiapkan diri.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan simulasi dilaksanakan serentak secara nasional dan dilaksanakan seperti ujian sebenarnya.

"Agar siswa tidak canggung saat UNBK nanti karena sudah tau bagaimana langkah-langkah ketika mengikuti ujian," katanya.

Ia menyebutkan peserta UNBK SMP di Bukittinggi berjumlah 3.060 orang dan telah mengikuti dua kali simulasi. Simulasi terakhir dijadwalkan pada 28 Maret 2018.

Di 2018, sekolah-sekolah di daerah itu mulai melaksanakan UNBK secara mandiri di mana tahun ajaran sebelumnya UNBK SMP dilaksanakan menumpang ke SMA dengan fasilitas komputer lebih mencukupi.

Dari 16 sekolah negeri dan swasta tingkat SMP dan sederajat, satu sekolah negeri yaitu SMP 4 belum melaksanakan UNBK secara mandiri karena jumlah komputer belum mencukupi.

Selain persiapan bagi para siswa, pembekalan pelaksanaan UNBK juga diberikan untuk proktor dan teknisi di setiap sekolah.

"Proktor bertugas di setiap ruangan ujian mengawasi mulai dari komputer dinyalakan hingga dimatikan sedangkan teknisi ada satu orang di setiap sekolah," katanya.

Ujian Nasional tingkat SMP dijadwalkan pada 23 sampai 26 April 2017.

Ia mengingatkan para siswa agar dapat mempersiapkan diri dengan baik. "Sementara bagi orangtua kami harapkan pendampingannya bagi anak supaya dengan cermat mengatur waktu belajar dan istirahat," ujarnya.