SMKN 4 Pariaman simulasi pelaksanaan UNBK

id UNBK,Simulasi UNBK

SMKN 4 Pariaman simulasi pelaksanaan UNBK

Pelajar SMKN 4 sedang melaksanakan simulasi UNBK. (ANTARA SUMBAR/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - SMKN 4 Kota Pariaman, Sumatera Barat, melakukan simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebagai persiapan dalam menghadapi ujian pada 2 hingga 5 April 2018.

"Simulasi ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam pelaksanaan UNBK, untuk melihat sejauh mana kesiapan sekolah dan anak didik dalam menghadapi ujian nasional," Kata Kepala SMKN 4 Pariaman Taharuddin, di Pariaman, Kamis.

Apalagi ujarnya, SMKN 4 Pariaman baru pertama kali melaksanakan UNBK, sehingga butuh persiapan sebaik mungkin dalam pelaksanaannya.

Ia mengatakan total terdapat 188 pelajar SMKN 4 yang akan mengikuti UNBK ditambah para pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 (SMPN) lainnya yang menompang ujian di sekolah tersebut.

Pihaknya menjelaskan simulasi dilaksanakan sebanyak dua kali dan ditambah satu kali geladi bersih untuk pemantapan persiapan UNBK pada April 2018.

Untuk melaksanakan UNBK 2018, pihak sekolah menyediakan 75 unit komputer dengan dua unit labor ditambah dengan dukungan jaringan server induk.

Selain memantapkan proses teknis UNBK, pihak sekolah juga berupaya memberikan dukungan mental anak didik agar tidak menjadikan ujian tersebut sebagai momok yang menakutkan.

Pelaksanaan UNBK 2017 ujarnya, seluruh siswa asal sekolah tersebut dinyatakan lulus. Namun sejumlah pelajar mengakui kurang percaya diri saat ujian berlangsung.

"Persoalan tahun lalu bukan nilai pelajar, tapi mental anak didik kita yang merasa kurang percaya diri mengikuti ujian di sekolah lain," katanya.

Terkait sumber daya listrik, pihak sekolah juga akan menyediakan beberapa mesin genset sebagai cadangan apabila terjadi listrik padam di wilayah itu. (*)