Fakultas Kedokteran UMSU rancang kerjasama dengan RS asing untuk lulusan siap "Go Internasional"

id universitas

Fakultas Kedokteran UMSU rancang kerjasama dengan RS asing untuk lulusan siap "Go Internasional"

University (Pixabay.com)

rektor optimistis dokter lulusan FK-UMSU akan menjadi dokter yang profesional.
Medan, (Antaranews Sumbar) - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan tengah merancang kerja sama dengan rumah sakit (RS) asing untuk tempat magang mahasiswa program studi itu, sehingga mampu hasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan siap "go internasional".

Kerja sama itu sejalan capaian mengharumkan dan jalinan kerja sama internasional yang telah dibangun, untuk itu pimpinan kampus ini tengah merancang program magang di RS luar negeri bagi mahasiswa FK-UMSU, kata Rektor UMSU DR Agussani MAP di Medan, Rabu.

Dengan demikian, rektor optimistis dokter lulusan FK-UMSU akan menjadi dokter yang profesional.

Selain itu pelajaran agama dan dakwah yang cukup kuat didapatkan di kampus menjadi benteng dalam menjalankan sumpah dokter muda, ujarnya.

Baru-baru ini UMSU menggelar yudisium dan pengambilan sumpah 100 dokter muda Angkatan XII yang merupakan langkah awal dalam menggeluti profesi seorang dokter.

Seiring dengan komitmen UMSU mencetak dokter yang profesional, ia berharap para dokter muda harus meraih kesuksesan, namun ukuran keberhasilan sebagai profesi dokter tergantung penilaian masyarakat dan ketaatan menjalankan sumpah.

"Untuk itu, kami meminta kepada para dokter muda dalam melaksanakan Co-asisten di sejumlah RS nantinya agar mendahulukan aspek kemanusiaan kepada pasien," katanya.

Sementara Dekan FK-UMSU Gusbakti Rusip mengatakan, FK UMSU masih menyandang 10 besar tingkat nasional yang mana mahasiswanya banyak lulus program Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

"Selain itu, lulusan FK telah bertugas di sejumlah RS, dokter TNI dan institusi lainnya. Kami berharap para sarjana dokter mematuhi peraturan yang berlaku di rumah sakit tempat co-asisten dan mengaplikasikan sumpah dokter," jelasnya.(*)