Satpol PP pun berkontribusi amankan HPN

id HPN 2018,Satpol PP

Satpol PP pun berkontribusi amankan HPN

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (tiga dari kiri) bersama anggota DPD RI Leonardy Harmaini, Sekdaprov Ali Asmar, Wali Kota Padang membuka pameran rangkaian kegiatan HPN 2018 di Gor Agus Salim Padang. (ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP - Damkar) Sumatera Barat menurunkan 150 personel untuk membantu mengamankan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

"Mereka bertugas 1-9 Februari untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada tamu yang datang," kata Kepala Dinas Polisi Pamong dan Damkar Sumbar Zul Aliman di Padang, Selasa.

Ia mengatakan itu terkait pelaksanaan HPN 2018 di Sumbar.

Menurutnya personel yang diturunkan tidak hanya di provinsi, tetapi juga berkoordinasi dengan Satpol PP di kabupaten/kota, terutama yang dikunjungi oleh Presiden. Daerah itu diantaranya Padang, Solok, Dharmasraya dan Kabupaten Tanah Datar.

Titik pengamanan yang difokuskan selama HPN menurutnya GOR Agus Salim, Padang, Muaro Lasak Pantai Padang, Museum Adityawarman, Taman Budaya dan beberapa titik strategis lain.

"Personel juga disiapkan untuk merespon laporan masyarakat terhadap keamanan lingkungan," ujar dia.

Tetapi ia memastikan Satpol PP Sumbar tetap melaksanakan kegiatan penegakan perda seperti razia tambang tidak berizin.

"HPN dijaga, kerja rutin tetap dilaksanakan," kata dia.

Arif (38) salah seorang pengunjung stand pameran dalam rangka HPN di GOR Agus Salim mengatakan keberadaan Satpol PP pada beberapa titik di sana cukup memberikan rasa aman, terutama dari kekhawatiran adanya tindakan premanisme.

"Acara-acara keramaian kadang identik dengan premanisme. Keberadaan petugas di lapangan bisa memberikan rasa nyaman," kata dia.

Hari Pers Nasional (HPN) digelar 1-9 Februari pada beberapa titik di Sumbar. Puncak kegiatan itu rencananya dihadiri oleh presiden. (*)