Amankan informasi daerah, Sumbar siapkan server khusus simpan dokumen elektronik

id Yeflin Luandri

Amankan informasi daerah, Sumbar siapkan server khusus simpan dokumen elektronik

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumbar, Yeflin Luandri. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Semua dokumen dan proses surat menyurat yang menggunakan aplikasi khusus, yaitu Sistem Administrasi Perkantoran Maya (Simaya), otomatis akan tersimpan dalam server ini
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan peladen atau server sebagai pusat data penyimpanan dokumen elektronik yang dinilai penting, untuk mengamankan informasi daerah.

"Semua dokumen dan proses surat menyurat yang menggunakan aplikasi khusus, yaitu Sistem Administrasi Perkantoran Maya (Simaya), otomatis akan tersimpan dalam server ini," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumbar, Yeflin Luandri di Padang, Senin.

Ia mengatakan itu usai peresmian kantor Dinas Kominfo Sumbar oleh Gubernur Irwan Prayitno di Padang.

Menurutnya dokumen elektronik yang tersimpan itu keotentikannya bisa dipertanggungjawabkan, karena itu jika terjadi sengketa hukum nantinya, data itu bisa menjadi bukti di pengadilan.

Saat ini yang paling maksimal menggunakan server menggunakan aplikasi Simaya adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BKPMPPT) terutama berkaitan dengan persetujuan perizinan.

Pejabat terkait di BKPMPPT tidak harus berada di tempat untuk memberikan persetujuan izin. Meski sedang berada di luar negeri, menggunakan gawai pribadi yang telah terinstal aplikasi Simaya, bisa membubuhkan tanda tangan digital.

Namun menurutnya penggunaan Simaya di Sumbar masih belum maksimal, terutama berkaitan dengan dukungan sumber daya manusia (SDM).

Tanpa sdm memadai aplikasi Simaya tidak bisa berjalan dan dokumen elektronik menjadi tidak bisa disimpan di server.

Ke depan aplikasi itu akan terus dimaksimalkan agar lebih mudah digunakan agar semua dokumen penting bisa secara otomatis tersimpan dalam server.

Selain itu pemanfaatan server tersebut nanti juga bisa dikembangkan ke kabupaten dan kota.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan tugas Dinas Kominfo sesuai namanya bisa membantu pemerintah dan masyarakat di bidang komunikasi dan informasi.

Ia juga mendorong dinas itu untuk bekerjasama dengan pihak lain terkait seperti Telkom untuk menghadirkan "wifi corner" yang manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Wifi corner ini kalau diperbanyak, akan sangat membantu terutama untuk pelajar dan mahasiswa," kata dia. (*)