Panen Padi Setiap Hari di Kabupaten Sijunjung, Verietas Batang Piaman

id #panen padi #sijunjung #ketahanan pangan

Panen Padi Setiap Hari di Kabupaten Sijunjung, Verietas Batang Piaman

Panen padi sawah di salah satu nagi di Sijunjung (Ist)

Muaro (antara sumbar) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat ikut berpartisipasi dalam menunjang kedaulatan pangan untuk Indonesia, karena hampir setiap hari panen padi di daerah itu.

Setelah sebelumnya panen padi di Kecamatan Tanjung Gadang pada 17 Desember 17, dan dua hari kemudian kembali Kelompok Tani Bunduang Jaya di Nagari Kotobaru Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, melakukan panen padi sawah seluas 20 hektare dengan jenis varietas yang dipanen adalah varietas Batang Piaman, kata Kepala BPTP Chandra baru-baru ini.

Varietas ini memiliki rasa nasi pera yang disukai masyarakat Sumatera Barat. Berdasarkan hasil ubinan, rata rata produktivitas padi yang di dapat adalah 5.51 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektare dengan kisaran 4.80-6.93 ton GKP/ha.

Hasil ini dinilai petani cukup baik, apalagi dengan dilakukannya tanam serentak yang dilakukan kelompok tani ini ternyata dapat menghindari serangan OPT, utamanya tikus.

Harga GKP untuk varietas Batang Piaman senilai Rp.4.500 kg/ha sehingga didapatkan pendapatan sebesar Rp.24.795.000/ha.

Total nilai ekonomi hasil panen 20 ha adalah Rp.495.900.000.-. Bila dikurangi biaya usahatani sebesar Rp.12.540.000/ha, maka keuntungan yang didapat adalah Rp.12.255.000/ha.

Keuntungan total yang diperoleh Keltan Bunduang Jaya dari pertanaman padi 20 ha pada musim ini adalah Rp.245.100.000.-.

Untuk kelancaran usahatani padi sawah dan meningkatkan IP, petani berharap pada pemerintah untuk pengadaan irigasi.

Sukses ini berkat kerja keras para petani yang didukung oleh para penyuluh, Dinas Tanaman Pangan serta pihak lainnya termasuk BPTP yang mengintroduksi teknologi budidaya sesuai spesifik lokasi yang memberikan hasil sangat baik.

"Mari tingkatkan terus produksi padi. Dukung kedaulatan pangan. Tiada hari tanpa panen," ujar Chandra.***