Bupati Pasaman Barat Janjikan Umrah Bagi Kafilah Juara MTQ

id bupati pasaman

Bupati Pasaman Barat Janjikan Umrah Bagi Kafilah Juara MTQ

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat meninjau pemondokan kafilah MTQ Pasaman Barat saat pembukaan MTQ tingkat Provinsi Sumbar di Kota Pariaman. (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Syahiran akan memberikan hadiah umrah bagi kafilah Musabaqah Tilawatil Quran yang meraih juara pada MTQ tingkat provinsi yang diadakan di Kota Pariaman sejak Sabtu (4/11).

"Benar, kita akan berikan hadiah umrah gratis bagi siapa saja dari peserta lomba MTQ yang berhasil meraih juara 1. Untuk juara dua dan tiga, kita juga akan siapkan uang pembinaan," katanya.

Menurutnya, mengikuti lomba MTQ tentu mengejar peringkat terbaik. Meskipun memprioritaskan kemenangan, akan tetapi, tetap dengan tidak menyalahi aturan yang berlaku.

"Selama ini kita melihat peserta sudah berlatih dengan baik, berusaha keras dalam belajar sesuai dengan cabang lomba yang diikuti. Dari situ, tentu kita juga menginginkan hasil yang baik," ujarnya.

Ia mengatakan apresiasi yang besar memang sudah selayaknya diberikan kepada peserta yang berhasil meraih juara. Hal itu diupayakan untuk terus meningkatkan motivasi dan semangat dalam mengembangkan nilai-nilai Al-quran dalam kehidupannya.

Begitu juga di dalam bermasyarakat, mereka harus bisa menjadi teladan sebagai generasi yang mencintai Al-qur'an sebagai pedoman hidup.

"Saya harap kafilah Pasaman Barat mampu menembus predikat lima besar dalam lomba MTQ ini. Peserta yang hanya mampu mencapai juara harapan, juga akan kita berikan reward," sebutnya.

Ia menyebutkan kedepannya Pemkab Pasaman Barat akan membangun pondok Al-qur'an di sebelas kecamatan yang ada di Pasaman Barat untuk menggiatkan semarak syiar Islam di Pasaman Barat.

Dalam waktu sekali enam bulan, juga akan diadakan lomba MTQ tingkat kabupaten untuk menghidupkan kembali kegiatan pondok Al-quran di 11 kecamatan yang ada di Pasaman Barat. Sekaligus juga sebagai wadah pembinaan qori dan qori'ah kabupaten Pasaman Barat.

"Saya harap kepada seluruh ofisial terutama peserta lomba MTQ, agar senantiasa menjaga kesehatan dan kekompakan bersama selama berada di Kota Pariaman. Jadikan momentum ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan kafilah dari kabupaten lain dan jaga nama baik Pasaman Barat," harapnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Pasaman Barat, Hendrizal selaku ketua panitia kafilah Pasaman Barat menyampaikan bahwa pembinaan yang optimal terhadap peserta lomba MTQ telah dilakukan. Target lima besar yang ditetapkan oleh Bupati Pasaman Barat akan diupayakan tercapai.

"Upaya tidak akan pernah menghianati hasil. Kita berharap, kafilah Pasaman Barat benar-benar bisa mencapai target tersebut," harapnya. (*)