Disdukcapil Siapkan Mobil Pelayanan Keliling Berjaringan Internet

id Efi Yandri

Disdukcapil Siapkan Mobil Pelayanan Keliling Berjaringan Internet

Kepala Dukcapil Solok Selatan Efi Yandri. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyiapkan mobil pelayanan keliling berjaringan internet untuk memudahkan pengurusan dokumen kependudukan masyarakat.

Kepala Dinas Dukcapil Solok Selatan Efi Yandri di Padang Aro, Selasa, mengatakan jika mobil pelayanan keliling berjaringan internet ini sudah selesai, maka banyak manfaat yang akan didapat seperti menjangkau daerah yang jauh untuk pengurusan dokumen.

"Dalam minggu ini kita akan menemui pihak Telkom dan Telkomsel supaya proses pemasangan jaringan internet untuk mobil keliling bisa cepat terpasang," katanya.

Dia menjelaskan, dengan mobil pelayanan keliling memiliki jaringan maka masyarakat yang didatangi bisa langsung mengurus dokumen kependudukan seperti rekam dan cetak KTP elektronik, membuat akta kelahiran.

"Printer cetak KTP elektronik untuk mobil keliling sekarang sudah proses tender dan kita berharap jaringan sudah terpasang sebelum printer datang," ujarnya.

Dengan mobil keliling punya jaringan kata dia, pelatanan kependudukan selesai di tempat tanpa harus mendatangi kantor Dukcapil.

"Mobil keliling memang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh ke kantor mengurus dokumen kependudukan," katanya.

Kalau pada Agustus jaringan mobil keliling belum juga bisa terpasang kata dia, maka terpaksa di operasikan secara ofline sementara dan hanya bisa menjemput data kemudian prosesnya tetap dikantor.

"Sekarang mobil tersebut tetap beroperasj tetapi secara ofline dan belum bisa cetak ditempat karena jaringan," ujarnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini Wajib KTP Solok Selatan sebanyak 130.918 jiwa.

Sedangkan masyarakat yang melakukan perekaman sejak Januari-Juni 2017 sebanyak 1.806 orang dengan data siap cetak atau print ready record sebanyak 152.

Sedangkan Sent For Enrolment (SFE) atau data rekam terkirim ke data centre sebanyak 1.654. (*)