Legislator: Anggaran Minim Jangan Pengaruhi Kinerja SKPD

id aristo munandar

Legislator: Anggaran Minim Jangan Pengaruhi Kinerja SKPD

Aristo Munandar.

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komisi I DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Aristo Munandar mengatakan kinerja dan prestasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) jangan menurun karena minimnya anggaran yang diberikan.

"Semua SKPD anggaran tahun 2017 turun karena kondisi keuangan yang tidak stabil," katanya di Padang, Kamis.

Bebarapa waktu lalu sejumlah SKPD Pemerintah Provinsi Sumbar mengeluhkan minimnya anggaran 2017 karena tidak memadai untuk melaksanakan kegiatan yang telah disusun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Nasridal Patria menyebutkan anggaran dinas yang dipimpinnya jauh berkurang dari 2016.

Pada 2017 hanya dianggarkan sebesar Rp5,2 miliar padahal pada 2016 mencapai Rp13 miliar, katanya.

Untuk itu Aristo menilai seluruh SKPD Sumbar yang mendapat anggaran minim untuk tetap bersemangat dengan program yang sudah dibuat.

Meskipun anggaran minim, sebutnya SKPD tetap bisa berprestasi dengan koordinasi yang bagus, mengefesiensi anggaran dan mengurangi hal-hal yang dirasa tidak perlu seperti perjalanan dinas.

Jika tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat, maka dengan anggaran seminim apapun program akan terus dilakukan melalui improvisasi dari pimpinanya, ujarnya.

Selain itu Aristo berpendapat pimpinan SKPD harus mampu memotivasi pegawainya untuk tetap bekerja maksimal demi kepentinga masyarakat sumbar.

"Kalau pimpinanya saja loyo bagaimana pegawainya," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk terus memberi masukan dan informasi kepada pemerintah agar kinerja seluruh pelayan publik dapat dirasakan oleh rakyatnya. (*)