Formatur PAN Sawahlunto Tetapkan Ketua DPD Terpilih

id PAN

Formatur PAN Sawahlunto Tetapkan Ketua DPD Terpilih

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Deri Asta SH(kanan) bersama Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumatera Barat, H Taslim Chaniago(kiri) saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) disela-sela kegiatan Musyawarah daerah (Musda) partai itu di Sawahlunto, Minggu(2/10). FOTO antarasumbar.com/16. (Rully Firmansyah)

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Lima Formatur Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), menetapkan Deri Asta SH sebagai ketua DPD terpilih melalui musyawarah daerah (Musda) DPD PAN, Minggu.

"Keputusan tersebut diambil melalui proses musyawarah oleh empat formatur yang telah dipilih sebelumnya pada musda tersebut masing-masing Epy Kusnadi SH, Rizal F Danil, Elvi Yendra SH dan Deri Asta SH serta satu anggota formatur dari unsur Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumatera Barat, Nandin DT Nan Panjang," kata salah seorang anggota formatur, Rizal F Danil di Sawahlunto, Minggu.

Sementara untuk pengisian struktur organisasi lainnya untuk periode kepengurusan 2016 hingga 2020, jelas dia, disepakati akan dilakukan dalam masa tujuh hari kedepan karena masih ada beberapa mekanisme teknis yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Jika pada rentang waktu tersebut pengisian struktur gagal direalisasikan, maka proses selanjutnya akan diambil alih oleh pihak DPW PAN Sumbar untuk mengisi serta menetapkan struktur kepengurusan DPD PAN Sawahlunto untuk periode tersebut.

"Permasalahan utama adalah masih ada beberapa pendapat para kader yang harus ditindaklanjuti terkait individu yang akan menduduki jabatan kepengurusan organisasi partai, namun sifatnya bukanlah perpecahan melainkan sebuah semangat untuk membesarkan partai," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPW PAN Sumatera Barat, Hayatul dalam pidato politiknya saat menutup kegiatan tersebut, meminta seluruh kader PAN di Sawahlunto proaktif dalam mengusulkan nama-nama kader yang akan dipilih untuk menjalankan kinerja organisasi secara profesional.

"Jangan biasakan menggantungkan nasib kepada orang lain dan menyerahkan pengisiannya kepada pihak DPW karena PAN adalah partai modern yang memiliki kader-kader dengan kapasita sumber daya manusia (SDM) yang telah teruji dalam menghadapi sebuah pertarungan politik secara sehat dan demokratis," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD terpilih, Deri Asta mengatakan keputusan yang sudah dilahirkan oleh para formatur hendaklah jadi langkah dasar dalam membesarkan partai itu.

Dia mengungkapkan, pada periode lima tahun kedepan pihaknya akan melanjutkan proses kaderisasi di tubuh PAN Sawahlunto, salah satunya dengan menambah jumlah pengurus sesuai kebutuhan dan perkembangan organisasi saat ini.

"Upaya tersebut telah terbukti mampu meningkatkan perolehan suara PAN sebesar 12 persen pada pemilu legislatif 2014 dengan hanya menambah jumlah kader sebanyak 600 anggota," lanjut dia.

Sebelumnya, Sebanyak delapan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Sawahlunto, Sumbar terdaftar sebagai kandidat formatur pada pelaksanaan musyawarah daerah (Musda) partai itu, Minggu (2/10).

"Seluruhnya dijaring dari proses pendaftaran oleh panitia musda dan akan dipilih sebagai formatur untuk membentuk kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Sawahlunto," kata Organizing Comitee kegiatan tersebut, Epy Kusnadi SH. (*)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar