PKP Sambut Rencana Pengembangan Wisata Gagoan-Singkarak

id wisata

Padang, (Antara Sumbar) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Keluarga Paninggahan (PKP), Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menyambut baik dimasukkannya rencana pembangunan wisata Gagoan dan Danau Singkarak ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) daerah ini.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKP, Mairion Ando dalam siaran pers yang diterima, Minggu, mengatakan rencana Bupati Solok Gusmal tersebut disampaikan di hadapan Perantau Paninggahan di Gedung Yayasan Danau Singkarak - DPP PKP di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, bupati menyampaikan telah memasukan tiga pembangunan pariwisata ke dalam RPJP untuk lima tahun kedepan. Diantaranya adalah, pembangunan pariwisata Danau Singkarak. Ini nantinya akan meliputi Nagari Singkarak, Sumani, Saniangbaka, Muaro Pingai dan Paninggahan.

Kemudian, khusus untuk Paninggahan, tambahnya, Wisata Gagoan yang terletak di Bukit Junjung Sirih juga akan dibangun.

"Jalannya akan dibangun, nanti dilebarkan. Bila ada tanah masyarakat yang terkena pembangunan jalan agar direlakan saja," ujar Bupati Solok, Gusmal di hadapan Perantau Paninggahan yang mengadakan acara silatrurahmi dengan organisasi perantau Minang lainnya di Pondok Bambu, Jakarta, Minggu (29/5).

Ia menyebutkan, bupati mengakui bahwa Gagoan sangat indah. Panorama alamnya sangat mengesankan.

"Kami menyambut baik rencana Bupati Solok. Kami mendorong agar semua pihak yang berkepentingan untuk mendukung rencana ini," ujar Mairion Ando.

Selanjutnya, DPP PKP dan jajarannya akan membantu menyosialisasikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan rencana Pemerintah Kabupaten Solok tersebut kepada masyarakat baik yang di perantauan ataupun yang berada di kampung.

"Kami akan bantu sampaikan, sosialisasikan kepada masyarakat di Paninggahan di rantau dan di kampung," ujarnya.

Ia menambahkan DPP PKP pun meminta supaya dalam hal ini Masyarakat Paninggahan menjadi motor penggerak dalam pembangunan pariwisata.

Paninggahan berada di Kecamatan Junjung Sirih di Kabupaten Solok. Nagari yang indah ini berada di perbatasan Kabupaten Solok dengan Kabupaten Tanah Datar. Dalam dua kabupaten inilah Danau Singkarak berada.

Paninggahan, memiliki ragam lokasi dan wisata. Nagari yang membentang di Pantai Danau Singkarak dan berbatasan langsung dengan Kodya Padang ini memiliki kekhasan.

Panorama alam yang sangat indah berada di dua bukit, yaitu Bukit Junjung Sirih dan Bukit Batu Agung. Bukit Batu Agung dan Bukit Junjung Sirih dibelah oleh sebuah sungai atau Batang Aia, yaitu Batang Aia Paninggahan.

Sebelumnya, dalam silaturrahmi yang dikemas dalam acara "Pekan Akselerasi dan Pengukuhan Dewan Pengurus Cabang Persatuan Keluarga Paninggahan (DPC PKP) Jabodetabek Timur" ini. Gusmal mengatakan bertekad menjadikan Kabupaten Solok lebih unggul dari kabupaten lainnya.

"Unggul dari pembangunan pariwisata, dan unggul Sumber Daya Manusianya," tambahnya.

Dalam pembangunan pariwisata, ia melanjutkan telah memasukan Kawasan Wisata Bukit Gagoan di Paninggahan kedalam RPJP Kabupaten Solok. Dan, dalam pembangunan SDM, kini pemerintah sedang menggiatkan "Solok Menulis", yaitu pelatihan kepenulisan bagi guru-guru dan masyarakat, ini kerjasama dengan SSS.

"Tentang Danau Singkarak, kami akan membangun Wisata Danau Singkarak mulai dari Nagari Singkarak, Sumani hingga ke Paninggahan," ujarnya.

"Di Paninggahan, kami telah memasukan kedalam konsep RPJP Kawasan Wisata Bukit Gagoan sebagai salah satu destinasi wisata. Tentunya untuk itu jalannya akan diperbaiki," tambah Gusmal. *