ASITA Sumbar Targetkan Wisata Rohani di Padang

id ASITA



Oleh Altas Maulana

Padang, 10/5 (Antara) - Ketua DPD Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumatera Barat (Sumbar), Ian Hanafiah menargetkan adanya wisata rohani di Kota Padang yakni Goa Maria.

"Ditargetkan untuk ziarah warga Tionghoa. Lokasinya di dekat Yos Sudarso," kata dia di Padang, Selasa.

Wisata rohani itu merupakan salah satu potensi baru pasar wisatawan ke Sumbar khususnya Kota Padang, sebelumnya sudah ada di Kota Bukittinggi.

Dengan adanya wisata rohani, potensi warga Tionghoa dari kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Medan berkunjung akan semakin besar.

"Sebagian besar mereka biasanya berkunjung dan menetap lebih lama karena tidak terganggu dengan aturan kantor," tambahnya.

Selain wisata rohani, warga Tionghoa juga menyukai wisata kuliner sehingga ke depan perlu pula disediakan wisata kuliner yang tidak hanya menyajikan makanan Padang.

Ia menyampaikan dalam libur panjang 5 hingga 8 Mei 2016, wisatawan yang merupakan warga Tionghoa banyak yang memilih paket favorit kuliner terutama makan bajamba.

Sementara Ketua Umum Asita Indonesia, Asnawi Bahar menyampaikan makan bajamba merupakan salah satu paket wisata kuliner baru yang diperkenalkan pada wisatawan.

"Ini cukup menarik minat para wisatawan," ujarnya.

Dengan membayar Rp300 ribu per orang telah didapatkan paket makan bajamba yakni tidak hanya makan, melainkan dihibur penampilan tari pasambahan. (*)