ASITA Sumbar adakan temu bisnis dengan KPJ Malaysia

id ASITA Sumbar, temu bisnis, KPJ Malaysia

ASITA Sumbar adakan temu bisnis dengan KPJ Malaysia

Ket : Temu bisnis Asita Sumbar dengan Kumpulan Perubatan Johor (KPJ) Ampang Puteri, Malaysia di Padang, Kamis, (29/2). (ANTARA/Melani Friati)

Padang (ANTARA) - Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sumatra Barat, menggelar temu bisnis dengan Kumpulan Perubatan Johor (KPJ) Ampang Puteri, Malaysia di Padang, Kamis.

“Dalam temu bisnis, Asita Sumbar akan berkolaborasi dengan KPJ Ampang Puteri Malaysia, untuk menawarkan paket berobat sambil jalan-jalan di Malaysia bagi warga Sumbar,” kata Ketua Asita Sumbar Darmawi.

Ia menjelaskan, teman-teman yang akan menjual produk KPJ ini adalah agen-agen dari travel agent yang anggota Asita, dan juga ada bentuknya personal. Rumah Sakit KPJ Malaysia sudah terakreditasi Joint Commision International (JCI), yang diakreditasi oleh Amerika.

“KPJ Ampang Puteri, yang terletak di Kuala Lumpur memberikan ruang kepada masyarakat Sumatra Barat, jika ingin ada pilihan untuk berobat ke Malaysia, dapat mendatangi seluruh kantor travel agent KPJ yang ada di Sumbar,” lanjutnya.

Darmawi menjelaskan, Asita memiliki berbagai produk untuk ditawarkan yakni inbound dan outbound.Produk inbound adalah dengan cara menarik orang luar untuk datang ke Sumatra Barat atau Indonesia, sedangkan produk outbound membawa orang Sumatra Barat keluar, ke domestik atau luar negeri.

“Pariwisata ini tidak bisa satu rute, kalau orang Malaysia saja yang datang ke Sumbar dan orang Sumbar tidak datang ke Malaysia, pesawat ga mau terbang, karena kosong pesawatnya untuk terbang kesana,” jelasnya.

Menurutnya, Sumbar harus membuat pertukaran, dimana orang Malaysia berhak menjual apapun produknya di Sumbar, begitupun sebaliknya.

Sementara itu, Head of Service KPJ Ampang Puteri, Mohd. Hafiz Bin Omar mengatakan, minat masyarakat Sumbar terbilang tinggi untuk berobat ke KPJ Ampang Puteri.

“Pada tahun lalu kita sudah menerima jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit KPJ dari Indonesia sekitar 3.500 pasien, dan 20 persen diantaranya berasal dari Sumbar,” sebutnya.

Ia menambahkan, layanan pengobatan yang paling banyak dilakukan adalah medical check up, pengobatan kanker dan sakit lambung.

“Saat ini, ada beberapa paket yang ditawarkan,diantaranya paket skrinning atau deteksi kanker mulai dari RM2.100 dan berbagai paket lainnya,” sebutnya.

Deputy Manager Group of Marketing & Strategic Communication KPJ Healthcare Berhad, Mohd. Khairuddin Khudri , menyebutkan, KPJ memiliki 29 grup rumah sakit dengan berbagai spesialis, salah satunya Ampang Puteri.

“Kami akan datang secara berkelanjutan, dengan membawa grup rumah sakit yang berbeda untuk memberikan penerangan, terhadap layanan rumah sakit KPJ,” katanya.*