Menteri Desa-PDTT Resmikan "Smart Patas" Di Gorontalo

id Menteri Desa-PDTT, Resmi, Smart Patas, Gorontalo

Gorontalo, (Antara) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar meresmikan SMART PATAS (pompa air tenaga surya) buatan PT. Len Industri (persero) di Desa Hepuhulawa, Kabupaten Gorontalo, Sabtu.

Didampingi Direktur Utama PT Len, Abraham Mose dan Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim serta penjabat Bupati Gorontalo, Nurlan Darise, Menteri Marwan meresmikan pompa air tenaga surya yang berdaya 1200 Wp tersebut, sebagai solusi atasi kekeringan lahan untuk sawah tadah hujan di daerah tersebut.

"SMART PATAS adalah pompa air tenaga surya yang diproduksi oleh PT Len Industri, yang dimiliki oleh negara, ini adalah salah satu produk dan salah satu keratifitas dan inovasi yang dipersembahkan untuk masyarakat Gorontalo, ini sangat penting, dengan adanya pompa air tenaga surya, sawah-sawah yang kekeringan dan tidak mendapatkan air dengan adanya pompa ini dapat terairi," ungkap Marwan.

Menteri PDTT juga mengatakan, dengan adanya SMART PATAS tersebut, produktifitas pertanian di Kabupaten Gorontalo pada khususnya dan provinsi Gorontalo pada umumnya dapat meningkat sekaligus dalam upaya untuk menopang ketahanan pangan.

"Tidak hanya di sini saja, tapi di tempat lain se provinsi Gorontalo nantinya akan dibangun pompa air tenaga surya," katanya.

Pemerintah pusat sedang giat-giatnya untuk mencanangkan berbagai program dalam rangka ketahanan pangan adalah harga mati.

"kita tidak boleh terus menerus impor, tapi dikemudian hari impor akan kita kurangi, kita harapkan produksitifas pertanian kita akan terus mengalami kenaikan secara signifikan," katanya.

Menurut menteri untuk meningkatkan produktifitas pertanian, pemerintah memberikan kontribusi berupa alat-alat yang bisa menopang produktifitas pertanian itu, salah satunya pompa air tenaga surya.

Gorontalo membutuhkan perhatian pemerintah, terutama kebutuhan air, bagi para petani serta sawah-sawah. Gorontalo adalah salah satu daerah yang jauh dari Jakarta dan ini tentunya menjadi tujuan yang baik dari PT Len untuk membuat pompa air tenaga surya ini di Gorontalo.

"Saya rasa ini sangat positif sekali untuk meningkatkan produktifitas pertanian di Gorontalo," tutupnya. (*)