Kemenag Pasaman Evaluasi Capaian Mtq Tingkat Provinsi

id Kemenag Pasama

Lubuk Sikaping, (Antara) - Kementarian Agama Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menyatakan segera melakukan evaluasi terkait raihan prestasi peringkat III dalam ajang MTQ Nasional ke-36 tingkat provinsi di Kabupaten Sawahlunto beberapa waktu lalu.

Kepala Kemenag Pasaman, Abdel Haq di Lubuk Sikaping, Senin mengatakan evaluasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para qari dan qariah Pasaman dalam menghadapi MTQ Nasional selanjutnya.

Selain itu evaluasi tersebut juga bertujuan untuk mencari bibit-bibit baru untuk berlaga mempertahankan nama baik dan prestasi Pasaman dalam ajang MTQ Nasional yang dihelat di Sawahlunto pada 1-14 November lalu.

Ia menambahkan, evaluasi tersebut juga bertujuan untuk pembahasan dan pembinaan pesantren atau pondok mengaji yang saat ini telah ada di nagari-nagari di Pasaman. Bagaimana pondok pesantren dan pondok mengaji tersebut bisa mengelola, melahirkan, dan mengirim qari dan qariah terbaik mereka untuk berdakwah sembari mempertahankan prestasi Pasaman.

Kemenag Pasaman, dalam MTQ di Sawahlunto tersebut mengirimkan 61 qari dan qariah serta hafiz dan hafizal, dan berhasil mendulang prestasi dengan tiga juara pertama, delapan juara kedua dan enam juara ketiga dengan mengumpulkan nilai 45.

Secara umum, Pasaman berada di peringkat tiga besar se Sumatera Barat hanya di bawah Kota Padang dan Tanah Datar.

MTQ Nasional Provinsi Sumbar ke - XXXVI ditutup oleh Asisten III Setdaprov Sumbar, Sudirman Gani.

Pelaksanaan MTQ tersebut berlangsung pada 8-14 November 2015 di Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat, yang dihadiri 1.030-1.040 peserta dari 19 kabupaten/kota se Sumbar. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar