BPBD-PK Padang-Classy FM Bagikan Masker Gratis

id Bagikan Masker Gratis

Padang, (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, Sumatera Barat, bekerja sama dengan Radio Classy FM membagikan masker gratis kepada pengandara roda dua di Jalan S. Parman kota setempat, Minggu (6/9).

"Sebanyak 2.034 masker dibagikan kepada pengendara roda dua yang melintasi jalan tersebut, sebagai antisipasi penyakit akibat kabut asap yang menyelimuti Kota Padang sejak dua minggu ini," kata Kepala BPBDPK Kota Padang, Dedi Henidal di Padang, Senin.

Ia mengatakan, hal ini merupakan bentuk kepedualian Pemerintahan Kota (Pemkot) Padang kepada masyarakat untuk menghindari dampak dari kabut asap.

Sebagaimana yang dikatakan Analisis Forecast Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Ketaping, Neli Elfira, bahwa kabut asap di Kota Padang merupakan kiriman dari provinsi tetangga, yaitu Riau, Jambi dan Sumatera Selatan.

"Kami mengkhawatirkan udara yang telah tercemar itu berdampak buruk kepada kesehatan masyarakat," paparnya.

Sebelumnya pada Kamis (3/9), Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa kabut asap yang menyelimuti Kota Padang sudah berada pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Kami sudah munurunkan tim untuk mengukur kualitas udara Kota Padang dan mendapatkan hasil terbaru, yaitu 209,36 g/nm3, katanya.

Ia menjelaskan, hasil tersebut jauh meningkat dari hasil uji kualitas udara sebelumnya yang hanya 81,73 g/nm3. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan, karena batas baku mutu (normal) adalah 150 g/nm3.

Manager Senior Operasional PT. Radio Gema Karang Putih, Welly Adia juga mengatakan aksi ini dilakukan mengingat semakin menebalnya kabut asap yang menyelimuti Kota Padang.

"Radio Classy merupakan radio siaga bencana, tentu hal ini memang sudah seharusnya kami lakukan," jelasnya.

Ia menambahkan, aksi ini dilakukan pada satu titik, yaitu di depan Kantor DPRD Sumbar atau tepatnya di tugu Adipura Jalan S. Parman. (*)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar