Drama Kolosal Perjuangan Meriahkan HUT RI di Agam

id Pemerintahan Kabupaten Agam

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Penampilan drama tari kolosal perjuangan Tuanku Imam Bonjol, meriahkan upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-70 di Kabupaten Agam, Senin.

Penampilan drama yang dibawakan sekitar puluhan siswa SMA dan SMK se-Kecamatan Lubuk Basung, setelah upacara HUT RI ke-70 di kantor bupati setempat, sehingga menjadi hiburan dari peserta upacara dan warga sekitar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam, Hadi Suryadi mengatakan, penampilan drama yang dibawakan siswa SMA dan SMK se-Kecamatan Lubuk Basung ini, merupakan kreatifitas dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam dan Intitut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Panjang.

Drama ini, katanya, untuk mengenang perjuangan dari pahlawan dalam merebut kemerdekaan RI dari para penjajah.

"Penampilan ini menjadi daya tarik bagi peserta dan masyarakat. Ini merupakan penampilan drama pertama saat memperingati HUT RI," katanya.

Kedepan, penampilan seperti ini akan ditampilkan saat memperingati hari kebesaran untuk menyalurkan bakat dari siswa di Agam.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri mengapresiasi penampilan yang dibawakan siswa-siswi SMA dan SMK itu.

"Penampilan drama ini sangat luar biasa dan ini menandakan bahwa Agam banyak lahir para seniman berbakat," katanya.

Upacara HUT RI ke-70 di Agam berjalan dengan baik yang dihadiri sekitar ribuan peserta upacara yang berasal dari seluruh satuan KERJA perangkat daerah (SKPD), TNI, Polres Agam dan lainnya.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Agam Indra Catri dan membacakan proklamasi Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra.