Wakaf Produktif untuk Umat

id Wakaf Produktif untuk Umat

Wakaf Produktif untuk Umat

Griya Sakinah Ciledug, rumah sewa yang dibangun dari wakaf produktif para donatur DD. (ist)

Padang, (Antara Sumbar) Program wakaf produktif terus digalakkan oleh Tabung Wakaf Indonesia (TWI) Dompet Dhuafa. baru-baru ini, DD telah menyelesaikan pembangunan 14 rumah sewa berbasis wakaf produktif di bilangan Jl. Kramat Tajur, Ciledug.

Pembangunan rumah sewa tersebut menghabiskan dana sebesar Rp900 juta. Komplek rumah sewa di atas lahan 640 m2 itu, berpotensi menghasilkan pendapatan hingga Rp100 juta di tahun pertama.

Pendapatan dari rumah-rumah sewa ini selanjutnya akan diperuntukkan dalam tiga kategori. Alokasi 50% pendapatan akan disalurkan kepada program sosial, baik pendidikan, kesehatan maupun pemberdayaan ekonomi bagi dhuafa. Alokasi 40% pendapatan akan dicadangkan untuk biaya pemeliharaan dan pengembangan program wakaf. Sementara operasional pengelola wakaf (nadzir), akan dialokasikan dari 10% pendapatan sewa.

Rumah sewa tersebut nantinya akan diberi nama Griya Sakinah Ciledug. Rumah sewa tersebut merupakan aset wakaf produktif baru yang dimiliki TWI (TWI) Dompet Dhuafa.

Aset ini menjadi pelengkap atas aset-aset property produktif lain yang sudah ada seperti ruko, food court dan lapangan futsal. Saat ini, aset wakaf produktif lain yang sedang digarap adalah 6 unit ruko di Zona MadinaParung dan 15 unit rumah sewa di CiaterSerpong. Rumah sewa berbasis wakaf merupakan hasil kombinasi wakaf tanah dan wakaf melalui uang.

Sementara itu, Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, mengungkapkan bahwa program wakaf produktif juga akan diadakan di DD Singgalang. "Sebenarnya sudah cukup banyak yang ingin menyalurkan wakafnya baik dalam bentuk tanah maupun infrastruktur kepada DD Singgalang, namun saat ini kami baru saja menuntaskan wakaf tanah untuk pembangunan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma di Padang," terangnya, Kamis (14/10).

Dilanjutkannya, dengan gencarnya program wakaf produktif, DD Singgalang akan terus mencari peluang agar program seperti 'Rumah Sewa Milik Umat' juga program lainnya dapat diterapkan di Sumbar. "Membuka keran donasi baru bagi dhuafa," pungkasnya. (winda/rilis)