Padang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat Surya Efitrimen mengatakan tidak ada kampanye kotak kosong pada Pemilihan Kepala Daerah 2024 di Kabupaten Dharmasraya.

"Tidak ada (kampanye kotak kosong) karena dalam aturan, kampanye itu adalah tim, pelaksana kampanye yang ada pasangan calonnya. Artinya yang berkampanye itu yang ada calonnya," kata Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Efitrimen di Padang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Sumbar mengenai Pilkada Kabupaten Dharmasraya yang hanya diikuti satu pasangan calon dan akan berhadapan dengan kotak kosong.

Surya menjelaskan kampanye hanya dilakukan bagi peserta yang telah ditetapkan sebagai peserta pilkada atau calon yang mendaftar ke KPU, kemudian ditetapkan.

KPU Kabupaten Dharmasraya telah menetapkan pasangan Annisa Suci Ramadhani dan Leliarni sebagai calon tunggal bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024. Pasangan ini mendapat nomor urut 2 pada saat pengundian nomor urut yang dilakukan KPU setempat.

"Alhamdulillah kita dapat nomor dua," kata Annisa Suci Ramadhani sambil mengangkat dua jarinya yang membentuk huruf V.

Pada Pilkada 2024, pasangan Annisa Suci Ramadhani dan Leli Arni mengusung tagline "Dharmasraya Sejahtera Merata" yang mengandung makna kesejahteraan harus dirasakan seluruh warga Dharmasraya, mulai dari utara, selatan, timur barat, bahkan dari janin sampai lanjut usia.

Terpisah, Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menyatakan tidak akan memfasilitasi kampanye kotak kosong pada Pilkada Serentak 2024.

KPU hanya akan memfasilitasi pasangan calon kepala daerah yang mendaftar dan memenuhi syarat untuk maju pada Pilkada 2024.

Afif menegaskan hanya pasangan calon yang telah ditetapkan yang dapat melakukan kampanye. Sementara kotak kosong hanya disertakan dalam proses pengundian nomor urut.

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024