Menpar Widiyanti segera buka komunikasi dengan pemangku kepentingan

id Widiyanti Putri Wardhana, Menpar, menteri pariwisata, menteri widiyanti, serrijab menpar

Menpar Widiyanti segera buka komunikasi dengan pemangku kepentingan

Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana (kiri) dan Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya (kanan) dalam jumpa pers perdana usai serah terima jabatan yang digelar di Jakarta, Senin (21/10/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana mengatakan, pihaknya segera menjalin komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan di sektor pariwisata untuk melihat gambaran sektor pariwisata Indonesia saat ini, sehingga pihaknya dapat mendesain transformasi serta ekosistem sektor pariwisata.

“Kita pertama-tama ingin mendengar dulu ya dari semua stakeholders, kementerian dan para ahli pariwisata yang ada untuk mendesain transformasi pariwisata kita,” ujar Widi dalam jumpa pers yang digelar di Jakarta, Senin.

Terkait sumber daya manusia di sektor pariwisata terutama soal banyaknya generasi milennial yang belum mendapatkan pekerjaan, Widi mengakui pihaknya memiliki salah satu fokus dalam meningkatkan SDM di Iima destinasi pariwisata super prioritas dengan mendirikan sekolah unggulan sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM di kawasan tersebut.

“Saya ingin meningkatkan SDM di destinasi prioritas ya dengan mendirikan sekolah unggulan dan mudah-mudahkan menjadikan kualitas SDM di daerah tersebut lebih baik sehingga dapat pekerjaan yang layak,” ujarnya.

Sosok wanita dengan latar belakang pebisnis ini juga akan menyiapkan langkah strategis dalam mengakselerasi pertumbuhan sektor pariwisata dan menjadikannya sebagai motor penggerak ekonomi yang inklusif, berkelanjutan dan mendunia.

“Saya optimis dengan pondasi yang kuat dan langkah strategi yang jelas saya mampu mengakselerasi pertumbuhan sektor pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi yang inklusif, berkelanjutan dan mendunia. Kita pasti bisa karena Indonesia adalah paradise on earth,” ujar Widi dalam sambutannya.

Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto telah menunjuk Widiyanti Putri Wardhana sebagai Menteri Pariwisata dalam Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029.

Sosok yang akrab disapa Widi ini akan membantu pemerintahan Prabowo-Gibran selama lima tahun ke depan di bidang pariwisata, yang sebelumnya dijabat oleh Sandiaga Salahuddin Uno, kala masih disebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Ia merupakan seorang pengusaha dan dikenal sebagai sosok yang berpengaruh di dunia bisnis dan sosial.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpar Widiyanti segera buka komunikasi dengan pemangku kepentingan