KPU Pasaman Barat berdayakan PPK-PPS sosialisasikan Pilkada 2024

id KPU Pasaman Barat,berita pasbar,berita sumbar

KPU Pasaman Barat berdayakan PPK-PPS sosialisasikan Pilkada 2024

Jajaran KPU Pasaman Barat saat menempelkan daftar pemilih di rumah warga sekaligus mensosialisasikan Pilkada 2024. Antara/HO- KPU Pasaman Barat. 

Simpang Empat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meningkatkan sosialisasi pemilihan kepala daerah 2024 dengan memberdayakan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) ke seluruh sekolah menengah atas sebagai segmen pemilih pemula

"PPK dan PPS bertanggung jawab untuk sosialisasi tiap sekolah yang ada di wilayah kerjanya," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pasaman Barat Hafizul Pahmi di Simpang Empat, Senin.

Selain menyasar pemilih pemula di tingkatan sekolah menengah atas, KPU Pasaman Barat juga mewajibkan bersosialisasi ke semua kejorongan (dusun) lingkup wilayah kerja PPS dengan menyasar segmen pemilih kelompok religius dengan ikut pada pengajian wirid yasin.

Lalu juga menyasar ke segmen pemilih perempuan, kumpul kepemudaan olahraga seni budaya dengan segmen kepemudaan.

"Kita lebih fokus pada sosialisasi kerjasama dengan ikut bergabung di kegiatan masyarakat sehingga sosialisasi dapat berjalan dengan maksimal dan sampai langsung ke masyarakat," katanya.

Kemudian mengarahkan juga pada PPK yang ada sekolah disabilitas untuk melakukan koordinasi dengan kepala sekolah untuk bersosialisasi.

"Secara khusus KPU menyurati lembaga-lembaga terkait agar PPK san PPS bersosialisasi dan memberikan pendidikan pemilih lebih diterima," katanya.

Pihaknya telah menyurati Dinas Pendidikan, Kementerian Agama da Badan Kesatuan Bangsa Politik untuk sosialisasi Pilkada 2024.

Disisa waktu yang ada, katanya pada 22 Oktober nanti di hari santri dan 28 Oktober peringatan hari sumpah pemuda akan mengadakan nobar film "tepatilah janji" karya KPU RI berisikan film pendidikan pemilih di pesantren dan kampus di Pasaman Barat.

Lalu KPU akan melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis nagari (desa) yang akan kita laksanakan di lima titik se-Pasaman Barat dengan mengundang unsur pemerintahan, adat, pemuka tokoh kejorongan dan pemuda.

"Kegiatan sosialisasi mobil keliling dengan menyebar brosur ajakan memilih juga akan dilakukan," katanya.

Untuk daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Pasaman Barat sebanyak 311.171 orang di 11 kecamatan yang terdiri dari laki-laki 155.100 orang dan perempuan sebanyak 156.071 orang.

Pilkada Pasaman Barat diikuti oleh empat pasangan calon yakni nomor urut 1 Yulianto-M Ihpan, nomor urut 2 Daliyus K-Heri Miheldi, nomor urut 3 Hamsuardi-Kusnadi dan nomor urut 4 Jailani-Syamsul Bahri. ***2***