PLN Sukses amankan pasokan listrik saat pemeriksaan kesehatan bakal calon Kepala Daerah Provinsi Sumbar

id PLN, Pilkada

PLN Sukses amankan pasokan listrik saat pemeriksaan kesehatan bakal calon Kepala Daerah Provinsi Sumbar

Peninjaian keandalan listrik untuk jaga keandalan saat tahapan pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Jelang Pemilihan Kepala Daerah, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat sukses menjaga keandalan pasokan listrik saat proses pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah di Provinsi Sumatera Barat yang berlangsung pada 30 Agustus hingga 02 September 2024 lalu. Dukungan kelistrikan PLN mulai dari _back up_ atau cadangan kelistrikan dan kunjungan ke lokasi pemeriksaan kesehatan seperti RSUP Dr.M. Djamil Padang dan RS Unand Padang.

Pengamanan penyaluran tenaga listrik untuk menjamin ketersediaan dan keandalan pasokan listrik dua lokasi tersebut sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh PLN. Tidak hanya itu, ratusan petugas siaga juga standby memantau kondisi sistem kelistrikan, melakukan pencegahan dan penanggulangan gangguan, serta berkoordinasi dengan pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, TNI, Kepolisian, dan pemerintah daerah setempat untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi gangguan yang mengakibatkan padam.

General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho menyampaikan PLN siap mengamankan Pilkada 2024 mengingat momen bersejarah tersebut tersebut sangat penting bagi masyarakat Sumbar, khususnya dalam memilih pemimpin yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan.

“PLN bersama Pemerintah dan seluruh stakeholder terkait siap menyukseskan gelaran pesta demokrasi di Sumatera Barat dengan suplai listrik yang andal, genset cadangan serta petugas yang standby di RSUP Dr.M. Djamil Padang dan RS Unand mulai dari persiapan hingga selesainya acara. Kami juga sudah menyiapkan skenario mitigasi bila sewaktu-waktu terjadi gangguan pada sistem kelistrikan. Alhamdulillah, acara berjalan dengan sukses tanpa adanya gangguan listrik,” ungkap Eric.

Eric menuturkan seluruh lini PLN telah siap dengan layanan terbaik serta menyiapkan langkah khusus dan intensif di semua unit untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan sehingga rangkaian proses menuju Pilkada Sumatera Barat 2024 dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun.

RSUP Dr.M. Djamil mendapat suplai utama dari gardu dan penyulang 150/20 kV dengan kapasitas 42MVA dengan mampu pasok 400 MW. PLN juga menyiapkan _backup_ penyulang serta genset berkapasitas 950 kVA.

Sementara itu di RS Unand mendapat suplai utama dari Gardu pelanggan 630 kVA, penyulang, serta menyiapkan genset berkapasitas 2x750 kVA dan penyulang cadangan sebagai _backup_ kelistrikan. Adapun untuk daya mampu pasok listrik di Provinsi Sumbar yaitu sebesar 823,15 Megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 672,15 MW, sehingga terdapat cadangan 151 MW atau reserve margin sebesar 22,47%.

"Insyaallah jelang Pilkada 2024 PLN berkomitmen untuk mempersiapkan dengan baik melalui keamanan sistem kelistrikan, dan semoga tidak ada kendala dan hambatan yang cukup berarti, sehingga gelaran pesta demokrasi di Sumbar dapat berjalan dengan baik dan sukses," ucapnya.

Direktur RS Unand Padang, Yevri Zulfiqar menyampaikan apresiasinya atas dukungan listrik PLN mulai dari persiapan hingga selesainya acara sehingga berhasil menjaga kelancaran pelaksanaan Proses pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah.

Menurutnya, PLN selalu cepat tanggap memenuhi kebutuhan teknis dan operasional ditambah dengan petugas yang siap merespon dengan cepat setiap kebutuhan darurat yang timbul selama berlangsungnya acara.

“Kesiapan dan komitmen PLN mengawal pelaksanaan rangkaian proses penyelenggaraan pilkada patut diacungi jempol. PLN telah membantu kami dalam penyelenggaraan proses pemeriksaan kesehatan yang membuktikan dukungan listrik andal dari PLN sehingga telat berhasil membuat acaranya berjalan lancar dan damai,” imbuh Yevri.