Kemenparekraf Sandiaga Uno akan disambut dengan Tradisi Badampiang

id berita sumbar,Tradisi Badampiang,berita pessel,Kemenparekraf.

Kemenparekraf Sandiaga Uno akan disambut dengan Tradisi Badampiang

Kemenparekraf Sandiaga Uno akan disambut dengan Tradisi Badampiang

Painan (ANTARA) - Tradisi Badampiang akan menghiasi penyambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga Uno, bersama tim saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Amping Parak, Kecamatan Sutera dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADPI) 2024 nanti.

Hal itu, disampaikan Ketua Laskar Turtle Camp (LTC) Amping Parak, Haridman, Selasa (20/8) selaku tuan rumah penilain ADPI tersebut di Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera.

"Sebagai tuan rumah, berbagai persiapan matang dilakukan, termasuk menyajikan pertunjukan budaya khas, salah satunya adalah Tradisi Badampiang," kata Haridman, saat rapat persiapan yang digelar Selasa (20/8).

Ia menjelaskan, badampiang adalah salah satu tradisi yang biasa dilakukan masyarakat setempat, khusus di Kecamatan Sutera dalam mengantar mempelai pria saat turun dari rumah menuju rumah mempelai wanita. Badampiang ini dilakukan dengan berisikan pantun dan syair. Badampiang sendiri bertujuan memberitahu orang banyak, jika mempelai pria turun dari rumah menuju ke rumah mempelai wanita.

"Sesuai rencana pertunjukan badampiang akan dilaksanakan di lokasi Ekowisata Mangrove Amping Parak," terangnya.

Selain badampiang, menurut Haridman, Tim Kemenparekraf juga akan disambut dengan atraksi kesenian, mulai dari tarian tradisional dan demo pembuatan kuliner lokal berbahan dasar mangrove.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pessel, Suhendri mengatakan, terkait penilaian ADPI 2024 ini pihaknya akan fokus pada promosi kearifan lokal dalam menyambut tim Kemenparekraf.

"Kami ingin menunjukkan bahwa Pesisir Selatan memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik," terangnya.

Suhendri juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran acara.

"Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Pesisir Selatan," ujarnya.