UNAND-Auckland University of Technologi perkuat penelitian dan inovasi

id kampus kelas dunia,world class university,universitas andalas,unand

UNAND-Auckland University of Technologi perkuat penelitian dan inovasi

Gedung Rektorat Universitas Andalas. ANTARA/Muhammad Zulfikar

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (UNAND), Padang, Sumatera Barat dan Auckland University of Technologi memperkuat kerja sama pada aspek penelitian dan inovasi guna menuju kampus kelas dunia atau world class university.

"Menghadapi persaingan global, Universitas Andalas dan Auckland University of Technologi berdiskusi mengenai hal-hal yang dapat meningkatkan profil serta dampak institusi pendidikan menuju kampus kelas dunia," kata Rektor Unand Efa Yonnedi di Padang, Kamis.

Dalam diskusi tersebut, Efa yang juga eks konsultan Bank Dunia menekankan aspek inovasi dan pengembangan program-program baru yang dapat berpengaruh besar bagi masyarakat.

"Menuju universitas kelas dunia, program teknik dan inovasi menjadi fokus utama dengan mengenalkan program-program baru yang berorientasi pada teknologi serta inovasi," ujar dia.

Rektor mengatakan sebagai perguruan tinggi yang masuk jajaran Top 50 Worldwide Young University dan Top 60 Worldwide for Social Impact, Unand akan belajar banyak kepada Auckland University of Technologi.

"Universitas Andalas akan terus belajar meningkatkan dan mengembangkan potensi yang ada," ujar dia.

Sementara itu, Pro-Vice Chancellor and Dean Faculty of Design and Creative Technologics, Auckland University of Technologi, Prof Guy Littlefair, mengatakan peningkatan jumlah mahasiswa internasional dan kemitraan global bisa menjadi kunci Unand menuju kampus kelas dunia.

Unand juga dapat mendirikan kantor perwakilan di berbagai negara untuk menarik mahasiswa dari seluruh dunia. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan keragaman serta memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

"Selain itu, yang paling penting ialah riset dan pengembangan yang menjadi salah satu pilar strategi universitas untuk bersaing di kelas global," ujar dia.

Prof Guy menambahkan, untuk mendapatkan riset yang berkualitas maka setiap perguruan tinggi juga harus memiliki sumber daya manusia yang sejahtera yang didukung universitas.

"Kesejahteraan sivitas universitas menjadi poin penting untuk diperhatikan yaitu ditunjang dengan fasilitas dan pelayanan yang mumpuni," kata dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unand-Auckland University of Technologi perkuat penelitian dan inovasi